Kota Baru

Target 5 Besar di Kalsel, MAN Kotabaru Gelar Pelatihan Jurnalistik

apahabar.com, KOTABARU – Demi mencapai target lima besar kehumasan, Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kanwil…

Featured-Image
Dewan guru, dan siswa MAN antusias mengikuti pelatihan jurnalistik bersama PWI Kotabaru. (Foto : Pahmi for apahabar.com).

bakabar.com, KOTABARU – Demi mencapai target lima besar kehumasan, Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenag Kalsel) Madrasah Aaliyah Negeri (MAN) Kotabaru menggelar pelatihan jurnalistik di Aula Perpustakaan, Sabtu (19/2).

Pelatihan diikuti oleh seluruh peserta. Diantaranya, Wakil kepala madrasah (Wakamad kehumasan) Noor Laila, para ustaz, dan ustazah, serta puluhan anggota Club Perpustakaan Ar Ridha.

Kepala MAN Kotabaru, Muhammad Yamin, mengatakan kegiatan pelatihan bertujuan untuk mengejar target lima besar jumlah kegiatan yang masuk, atau terupdate di website Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel.

Di Kalsel, kata dia, terdapat 40 madrasah yang berpartisipasi mengirim naskah berita melalui website. Sementara, MAN Kotabaru masih berada di posisi 23, sehingga perlu adanya upaya meningkatkan jumlah kegiatan dan pemberitaan yang dikirim ke website.

“Intinya kami akan terus berupaya meningkatkan jumlah pemberitaan berkenaan dengan kegiatan di sekolah kami. Tentu harapannya bisa masuk lima besar di Kalsel,” ujar Yamin.

Noor Laila menambahkan proses pembuatan berita di madrasah, khususnya di MAN Kotabaru masih belum maksimal.

Untuk itu, pihaknya mengadakan kegiatan pelatihan menulis berita bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotabaru. Pelatihan ini mengusung tema “Kiat Menulis Agar Dimuat Media”.

“Untuk memaksimalkan pemahaman berkenaan dengan penulisan berita, maka kami menghadirkan salah satu anggota PWI yang berkompeten di bidangnya untuk memberikan pelatihan menulis,” ujar Laila.

Salah satu peserta pelatihan sekaligus guru MAN Kotabaru Kusyadi, mengaku senang bisa mengikuti pelatihan jurnalistik. Sebab, selain mendapatkan ilmu pengetahuan penulisan berita, ke depan bisa membantu pihak sekolah menulis kegiatan untuk dimasukkan ke website.

“Mewakili kawan-kawan, merasa bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini. Semoga ilmunya bermanfaat, dan mendapat berkah,” tutur Kusyadi.

Kepala Perpustakaan, Noor Rahmi, menambahkan kegiatan pelatihan merupakan program kerja rutin tahunan perpustakaan. “Ini program tahunan kami. Mudah-mudahan, tahun depan dapat dilaksanankan kembali kegiatan serupa,” tandasnya.

Komentar
Banner
Banner