Tapin Art Festival 2023, Puluhan Peserta Ramaikan Lomba Mural

Puluhan peserta ramaikan lomba mural di Tapin Art Festival 2023 di Ruang Terbuka Publik Kabupaten Tapin, Sabtu (5/8). 

bakabar.com, RANTAU - Puluhan peserta meramaikan lomba mural di Tapin Art Festival 2023 di Ruang Terbuka Publik Rantau, Kabupaten Tapin, Sabtu (5/8/2023) kemarin. 

Panitia Pelaksana LO Mural, Aisya fahriah, mengatakan lomba digelar sejak pagi hingga sore, dengan tujuan melestarikan budaya yang ada di Kalimantan Selatan melalui menggambar atau melukis dinding.

"Temanya tentang budaya yang ada di Kalsel, bisa berupa kesenian tradisional, bangunan dan unsur lainnya. Selain itu peserta yang mengikuti juga warga domisili Kalimantan," jelasnya.

Adapun untuk mural tersebut diikuti sebanyak 22 peserta yang sebelumnya mendaftar 26 orang, namun dua peserta mengundurkan diri dan dua peserta lagi tidak bisa dihubungi saat lomba dimulai.

"Peserta kali ini ada yang sudah berpengalaman ada dan ada juga yang baru. Semuanya ada," ucapnya.  

Diketahui, seusai lomba hasil mural nanti semuanya akan tetap dipajang selama Tapin Art Festival atau hingga 9 Agustus.

"Semua hasil karyanya kita jadikan pajangan, baik itu yang juara ataupun tidak. Siapa tahu bisa menimbulkan ketertarikan para pengunjung dan mau belajar mural nantinya," tutur Ais.

Sutarji, salah satu peserta mengaku antusias dalam mengikuti lomba tersebut, selain itu ia juga memberikan pujian kepada pihak penyelenggara yang didominasi para pemuda Tapin.

Dilomba ini, Sutarji menyuguhkan karya mural berupa lukisan budaya topeng dengan dua tangan yang memegang daun. 

"Maknanya bisa diartikan, topeng adalah budaya dengan simbol daun di tangan menandakan budaya suci yang perlu dijunjung tinggi dan dilestarikan," jelasnya. 

Adapun pemenang dari perlombaan mural tersebut yang diumumkan tadi malam yakni juara I di raih dari tim Faint, juara II Jeffry dan juara III Tabalong Street Art. Selanjutnya, sebagai juara harapan pertama Hendri Fauzi, juara harapan dua tim Lokgabang, dan juara harapan tiga Sutarji. 

Diketahui, selain lomba mural Tapin Art Festival 2023 yang bertajuk Agung Budaya Anjung Banua ini juga menggelar kegiatan, seperti festival tari se-Kalimantan, pameran UMKM, dan penampilan artis lokal hingga nasional.

Editor


Komentar
Banner
Banner