Hot Borneo

Tanbu Pamerkan Tenun Pagatan di Ajang Kalsel Expo MTQN XXIX

Kabupaten Tanah Bumbu turut ambil bagian meramaikan Kalsel Expo Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX.

Featured-Image
Kain Tenun Khas Pagatan. Foto-DKUMP2 for apahabar.com.

bakabar.com, BATULICIN - Kabupaten Tanah Bumbu turut ambil bagian meramaikan Kalsel Expo Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX sebagai ajang untuk mempromosikan produk-produk usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Bumi Bersujud.

Sejumlah produk UKM Kabupaten Tanah Bumbu dipamerkan dalam ajang Kalsel Expo Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 di Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura, Kalsel.

Tanah Bumbu akan memanfaatkan semaksimal mungkin guna mempromosikan produk UKM dalam Kalsel Expo yang berlangsung selama 5 hari mulai 12 hingga 16 Oktober 2022 tersebut.

Beberapa produk yang dipamerkan di antaranya kain tenun khas Pagatan, pakaian jadi tenun, tas tenun dan kerajinan aksesoris. Kemudian ada kuliner seperti amplang, rajangan kayu bajakah, rengginang ubi, serta kuliner lainnya.

"Kita Tanah Bumbu berharap dengan mengikuti Kalsel Expo ini, maka produk-produk UKM kita dapat dikenal secara nasional," ungkap Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMP2) Tanah Bumbu, Deny Hariyanto, melalui Kabid Perdagangan Ahmad Heriansyah, Jumat (14/10).

Heriansyah optimis dengan dipamerkannya produk-produk khas dari Tanah Bumbu akan semakin dikenal oleh masyarakat luar daerah.

"Ini pasti akan lebih dikenal. Tenun khas kita akan terangkat. Dampak positifnya pula terhadap para pelaku usaha Bumi Bersujud nantinya," tukasnya.

Diketahui Expo Kalsel MTQN XXIX dibuka langsung Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI, Eny Retno pada Rabu 12 Oktober 2022 kemarin. 

Sebanyak 190 stand terdiri dari 122 indoor, 22 stand halal food dari pelaku UMKM, serta 42 stand outdoor turut meramaikan.

“Terselenggaranya Expo ini diharapkan menggerakkan dan meningkatkan perekonomian warga sekitar dan Kalimantan Selatan pada umumnya,” harap Penasihat DWP Kementerian Agama RI Eny Retno, saat membuka acara.

Editor
Komentar
Banner
Banner