Kodim 1022 Tanah Bumbu

Tanam Bibit di Program Ketahanan Pangan, Dandim Tanbu Ingin Kesejahteraan Warga Meningkat

apahabar.com, BATULICIN – Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, menghadiri acara tanam perdana dalam program…

Featured-Image
Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, saat kegiatan tanam perdana program ketahanan pangan. Foto-Kodim 1022/TNB.

bakabar.com, BATULICIN – Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, menghadiri acara tanam perdana dalam program ketahanan pangan di Desa Angsana, Kecamatan Angsana, Jumat (19/11).

Dalam kegiatan tersebut Letkol Rahmat ikut menanam pohon di lahan yang siap tanam seluas 6 hektar tersebut.

Rencananya lahan seluas 6 hektar itu akan ditanami berbagai jenis tanaman yang dapat dipanen dalam jangka pendek, jangka sedang, dan jangka panjang.

Ke depan lahan rencananya akan dikembangkan menjadi seluas 25 hektar, dengan jenis tanaman yang akan ditanam adalah sayuran dan kacang tanah untuk jangka pendek.

Kemudian talas bening untuk dipanen jangka sedang, sedangkan untuk tanaman jangka panjang adalah kayu Albasia.

“Program ketahanan pangan ini adalah salah satunya tersedianya produksi pangan bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warga sekitar,” ungkap Dandim Tanbu.

Dandim juga menyampaikan bahwa kegiatan di Kecamatan Angsana ini adalah pencetus bagi program ketahanan pangan, di mana harapannya dapat dikembangkan lebih luas lagi.

“Dengan masih banyaknya lahan tidur untuk dapat digunakan sebagai lahan pertanian, kegiatan ini adalah pencetusan pertama di Kecamatan Angsana atau lebih tepatnya di Desa Angsana,” ujarnya.

“Semoga ke depannya dapat dikembangkan lebih luas lagi, seperti di Kecamatan Satui juga sudah ada lebih kurang 30 hektar lahan yang akan dijadikan program ketahanan pangan,” bebernya.

Dandim Tanbu menambahkan kegiatan ini memiliki sedikit kendala yakni keterbatasan alat. Sehingga perlu adanya dukungan pihak-pihak terkait untuk mengatasinya.

“Kendala keterbatasan alat. Perlu ada dukungan dari pihak-pihak yang terkait untuk mengatasi hal tersebut, harapannya dengan adanya dukungan alat, maka proses pengembangan perluasan lahan pertanian akan lebih cepat dan maksimal,” pungkas Dandim Tanbu.

Komentar
Banner
Banner