Kalsel

Tanam 200 Bibit Pohon, DLH Tapin Gandeng Komunitas Peduli Lingkungan

apahabar.com, RANTAU – Dinas Lingkungan Hidup Tapin menggandeng komunitas peduli lingkungan gelar penanaman 200 bibit pohon…

Featured-Image
Suasana penanaman pohon di desa Masta, Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin. Foto-Istimewa

bakabar.com, RANTAU – Dinas Lingkungan Hidup Tapin menggandeng komunitas peduli lingkungan gelar penanaman 200 bibit pohon jenis Bungur di Desa Masta, Kecamatan Bakarangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin, Nordin mengatakan di momen peringatan hari lingkungan hidup sedunia berharap dengan diadakannya penanaman pohon dapat menutup bukaan lahan.

“Terus terang indeks kualitas tutupan lahan kita masih sangat rendah, karena banyak lahan lahan yang vegetasi tanamannya kurang,” ungkapnya.

Untuk lahan kritis di dalam ataupun luar kawasan hutan tetap akan diprogramkan bersama pemerintah provinsi Kalsel melalui program sejuta pohon.

“Kita akan selalu berkoordinasi dengan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Hulu Sungai untuk penyediaan bibit tanaman keras,” ucapnya.

Sementara, Komunitas Banua Rantau Pecinta Sungai (Barangai), Dewi Rusmalina (22) mengapresiasi suara pemerintah untuk wacana upaya dan rencana perbaikan hingga pelestarian lingkungan hidup yang ada di Tapin.

“Kita sangat mendukung apa yang dikatakan pemkab Tapin, karena menyelamatkan lingkungan menyelamatkan kehidupan,” ujarnya.

Di sisi lain, Ahmad Zainul Abidin (19), salah satu Duta Lingkungan Hidup Tapin menambahkan bahwa kegiatan seperti yang dilakukan sekarang harus terus ditingkatkan.

“Dengan sadar melihat kondisi alam di Tapin sudah saatnya generasi sekarang untuk menjadi generasi restorasi. Sama, saya sangat mendukung rencana Pemkab untuk langkah perbaikan dan pelestarian lingkungan hidup,” jelasnya.



Komentar
Banner
Banner