Peristiwa & Hukum

Tanah Longsor Timpa Dua Desa di Sungai Harang HST

Tanah longsor tersebut terjadi akibat dari hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten HST pada, Jumat (12/1/24) malam.

Featured-Image
Proses pembersihan tanah longsor di Desa Sungai Harang, Kecamatan Haruyan, Kabupaten HST. Foto-Dok BPBD HST for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI - Telah terjadi bencana tanah longsor di Desa Sungai Harang, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Sabtu (13/01/24) sekitar pukul 06.00 Wita.

Tanah longsor tersebut terjadi akibat dari hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten HST pada, Jumat (12/1/24) malam.

Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, H Ahmad Apandi saat dikonfirmasi bakabar.com, membenarkan kejadian tersebut.

"Benar telah terjadi tanah longsor di RT 01 dan RT 02, Desa Sungai Harang yang disebabkan oleh hujan deras kemarin malam," jelasnya.

Akibat tanah longsor tersebut, empat unit rumah mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan yang beragam.

"Di RT 01, ada tiga unit rumah dan RT 02 ada satu unit rumah," ujarnya.

Tiga unit rumah rusak di RT 01 yakni milik Fathan yang terdiri dari 1 Kepala Keluarga (KK) dan 2 jiwa, dengan tingkat kerusakan 10 persen. Lalu, rumah milik Samsul yang terdiri dari 1 KK dan 4 jiwa, dengan tingkat kerusakan 15 persen. Terakhir, rumah milik Suriani yang terdiri dari 1 KK dan 3 jiwa, dengan tingkat kerusakan 25 persen.

Sementara di RT 02 rumah warga terdampak yakni milik Marjudin yang terdiri dari 1 KK dan 4 jiwa, dengan tingkat kerusakan 10 persen.

"Selain membuat sebagian rumah warga rusak, tanah longsor juga sempat menutupi ruas jalan sepanjang 30 meter," jelasnya.

"Saat ini, tanah longsor di RT 01 sepenuh nya sudah dibersihkan. Di RT 02 samping rumah warga juga sudah dibersihkan, namun masih menutupi ruas jalan dikarenakan peralatan kurang memadai," imbuhnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner