Banjarmasin Hits

Tampung Air! Distribusi PTAM Intan Banjar Bakal Terhenti 11 Jam

Distribusi air bersih dari PTAM Intan Banjar bakal terganggu mulai malam ini hingga Sabtu (23/9) besok pagi. Kelurahan Guntung Manggis paling terdampak. 

Featured-Image
Distribusi air ledeng di Banjarbaru terhenti malam hingga besok pagi. Foto-dokumen apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Distribusi air bersih dari PTAM Intan Banjar bakal terganggu mulai malam ini hingga Sabtu (23/9) besok pagi. Kelurahan Guntung Manggis paling terdampak. 

Hal itu dikarenakan adanya pemasangan valve diameter 500 milimeter di Jalan Mistar Cokrokusumo dan perbaikan gate valve diameter 500 milimeter di WTP 250 liter per detik oleh Balai Pengelolaan Air Minum (BPAM) Banjarbakula. 

Terkait ini, maka pendistribusian air kepada PTAM Intan Banjar dihentikan sehingga berdampak pada pendistribusian air bersih kepada pelanggan di seluruh wilayah pengaliran. 

Berdasarkan pengumuman resmi PTAM Intan Banjar, estimasi pengerjaan di Jalan Mistar Cokrokusumo akan dimulai pada 22 September pukul 19.00 Wita sampai dengan 23 September pukul 06.00 Wita. 

"Untuk itu kami mengimbau kepada pelanggan yang terdampak gangguan pengaliran air supaya menyediakan atau menampung air untuk persediaan selama pekerjaan perbaikan pipa tersebut," bunyinya. 

Sementara itu, Kepala BPAM Banjarbakula, Muhammad Berty Nakir melalui Kepala Seksi Distribusi, Kartika Kumala menerangkan jika pemasangan valve dan perbaikan gate valve berdampak pada distribusi air bersih ke Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin.

Pengerjaan dilakukan pada malam hingga pagi dengan maksud agar pelanggan tak terlalu merasakan dampaknya, sebab dinilai pada waktu tersebut bukan jam puncak pemakaian air bersih.

"Puncak pemakaian di bawah pukul 19.00 Wita,” ujar Kartika, Jumat (22/9).

BPAM Banjarbakula sendiri memprediksi perbaikan berlangsung selama 11 jam. Namun demikian, Kartika menyebut pekerjaan bisa rampung lebih cepat.

“Sebenarnya ini sudah estimasi terlama, kemungkinan kurang dari 11 jam. Kalau ada hal-hal yang tak diinginkan, tapi diusahakan secepatnya,” ucapnya.

Adapun dua pekerjaan yang dilaksanakan malam ini, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) yang dialokasikan untuk memasang valve. Karena pada pekerjaan 2022 lalu, hanya dibuat jalur distribusi air bersih ke Guntung Manggis tanpa adanya valve.

Setelah ini, distribusi air bersih ke Guntung Manggis diklaimnya akan lebih mudah. "Karena apabila distribusi ke Bati-bati sudah mati, maka bisa diputar valve dan dialirkan ke Guntung Manggis,” tuntasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner