Sport

Tala Tuan Rumah Piala Menpora

apahabar.com, PELAIHARI – Liga sepakbola pelajar U-14 dan 16 Piala Menpora resmi bergulir. Sepak Bola pelajar…

Featured-Image
Bupati Tala, H Sukamta membuka secara resmi kejuaran sepakbola U-14 dan U-16 Piala Menpora Lapangan Pertasi Kencana Tala, Selasa (9/7/2019). Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Liga sepakbola pelajar U-14 dan 16 Piala Menpora resmi bergulir.

Sepak Bola pelajar dibuka Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta di Lapangan Pertasi Kencana,Selasa (9/7/2019).

Sukamta mengatakan kompetisi sepakbola antar pelajar ini sudah dinanti sejak 14 tahun lalu. Setelah kali pertama digelar 2005 juga di Kabupaten Tala, kini Tala kembali menjadi tuan rumah.

"Kita harap semua pihak harus komitmen. Mari kita bangkitkan sepakbola, karena ini adalah olahraga pemersatu bangsa yang punya pendukung besar dan dicintai masyarakat," ujar Sukamta.

Menurutnya, dengan adanya kompetisi ini, bisa menjadi cara untuk membangkitkan persepakbolaan di Kalsel, utamanya anak usia dini yang pada gilirannya mampu mencetak pemain di level yang lebih tinggi.

Bahkan, jelas bupati, pemain-pemain bola di banua punya potensi besar untuk menjadi pemain yang baik dan profesional bergabung di klub kebanggaan Kalsel, Barito Putra dan Martapura FC.

"Saya akan fokus dulu untuk bina pemain muda, supaya nanti bisa memberikan kontribusi untuk Barito Putra atau Martapura FC," katanya.

Saat ini, bupati mengaku fokus membina mulai kelompok usia 10, 12, 14 dan 16. Pemain muda ini disiapkan bisa berkontribusi untuk klub Banua. "Jadi bukan dari pemain luar, tapi pemain banua. Karena spiritnya beda jika mendatangkan pemain dari luar," pungkas bupati.

Senada Asprop PSSI Kalsel Baktiansyah bahwa, Ini menjadi ajang untuk menampilkan kemampuan bakat serta talenta agar nantinya bisa menjadi pemain profesional sehingga nanti bisa ditarik ke PS Barito Putera mau pun Martapura FC. Sebab sebagaimana diketahui pemain asal banua atau putra daerah itu sangat minim sekali.

"Melalui ajang inilah para pelajar U 14 dan 19 Bisa menunjukkan skil bermain bola. Kemampuan dan talentanya bisa ditunjukkan agar nanti bisa jadi peman profesional," ujanya.

Selain itu, lanjut Baktiansyah nantinya yang juara dalam ajang Piala Menpora Tingkat Kalimantan Selatan akan mewakili Kalsel pada bulan September mendatang. "U 14 akan Tanding di Jawa Tengah Kota Solo dan U 16 Akan tanding di Propinsi Banten, "ujarnya.

Liga Sepakbola Pelajar se Kalsel ini untuk U-14 diikuti empat grup dengan 12 tim. Sedang di U-16 diikuti lima grup dengan 14 tim. Kompetisi ini dilaksanakan hingga 14 Juli mendatang.

Dalam penyisihan Group,Pada Group A. Yang di Huni tiga Club Masing-masing SOBPA VS SSB Puslat Paseban berakhir (1-2) untuk kemenangan SSB Puslat Paseban. Pada Group B SSB Sejahtera VS Akademi Talenta(0-1).

Group C, SSB Gema Talenta VS SSB Asia 25 berakhir 4-3, Sementara di Group D. SSB Amuntai United VS SOBP.B berakhir 4-0.

Baca Juga: Persebaya vs Barito Live Indosiar, Tekad Yunan Lanjutkan Tren Positif

Baca Juga: Teka Teki Pemilihan Pemain di Bawah Mistar Gawang Barito Hadapi Persebaya

Reporter: AHC14
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner