kesehatan

Tak Pandang Usia! Stroke Mengancam Nyawa Orang dengan Kebiasaan Ini

Hari Stroke Sedunia diperingati setiap tanggal 29 Oktober dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pengobatan stroke.

Featured-Image
Bahaya stroke dapat mengancam siapa saja (Foto: dok. Mayapada Hospital)

bakabar.com, JAKARTA - Hari Stroke Sedunia diperingati setiap tanggal 29 Oktober dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit mematikan nomor 5 di dunia ini.

Penyakit stroke sendiri marak disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah dan masalah pada jantung. Penyempitan ini menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terhambat. Hal tersebut mengakibatkan fungsi organ vital itu terganggu, seperti kemampuan berfikir dan mengatur sistem motorik.

Rupanya, salah satu kebiasaan buruk yang terdengar sepele ternyata bisa menjadi penyebab penyakit stroke.  Menjalani pola hidup yang tidak sehat seperti minum alkohol berlebihan, merokok, jarang mengonsumsi sayuran ataupun buah-buahan adalah beberapa faktor penyebab penyakit stroke ini.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut akan membahas secara lengkap Kebiasaan buruk yang menyebabkan stroke:

1. Begadang

Begadang merupakan penyebab utama terkena stroke. Seseorang yang memiliki kebiasaan begadang yakni tidak mempunyai waktu istirahat yang cukup, sehingga mengalami peningkatan resiko terserang penyakit stroke dan jantung.

Baca Juga: Tips Menagih Utang dalam Ajaran Islam

2. Kurang Olahraga

Kurangnya menjalani aktifitas fisik seperti olahraga dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes dan meningkatkan risiko terkena stroke.

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini, Anda sebaiknya melakukan olahraga secara rutin contohnya berlari, bersepeda, dan beberapa aktifitas lainnya.

3. Konsumsi Alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol berlebih dapat meningkatkan kadar trigliserida darah, berpotensi mengeraskan arteri dan berkontribusi terhadap serangan jantung atau stroke.

Sebagian besar kasus stroke karena asupan alkohol yang berlebihan sering terjadi karena kombinasi dari tekanan darah tinggi dan terganggunya proses mekanisme pembekuan darah.

Baca Juga: Jelang Hallowen, Ini Lokasi Angker di Ibu Kota untuk Uji Nyali

4. Merokok

Merokok meningkatkan kolestrol jahat dalam tubuh, merusak pembuluh darah, menggumpalkan darah dan berbagai masalah kesehatan lainnya

Asap tembakau dalam rokok mengandung ribuan racun yang jika dihirup dapat merusak jantung dan dinding arteri serta meningkatkan resiko stroke.

5. Sering konsumsi makanan manis dan tinggi garam

Terlalu sering mengkonsumsi makanan manis akan membuat jantung Anda bermasalah. Masalah jantung tersebut ternyata bisa merembet ke stroke. Sama halnya dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang menyebabkan terkena stroke.

6. Makanan mengandung banyak kalori

Memakan makanan yang banyak kalori bukan hanya membuat berat badan naik, namun bisa menjadi penyumbang terbesar penyakit stroke. Berat badan yang berlebih akan membuat tubuh inflamasi yang bikin peluang terkena penyakit stroke makin tinggi.

Editor
Komentar
Banner
Banner