Geliat UMKM

Tak Menyangka, Keripik Tempe Milik Vivi Diminati Presiden Jokowi

Vivi, pemilik produk UMKM asal Sukabumi tidak menyangka jika produknya digemari Presiden Jokowi.

Featured-Image
Vivi pemilik produk UMKM asal Sukabumi yang menyerahkan produk keripik tempe nya kepada Presiden. Foto: ANTARA

apahabar, JAKARTA - Vivi, pemilik produk UMKM asal Kabupaten Sukabumi yang menyerahkan keripik tempenya kepada presiden tidak menyangka jika produknya diapresiasi oleh orang nomor satu di republik ini.

Saat itu, Vivi hanya ingin bersalaman dan berswafoto dengan presiden. Presiden Jokowi hendak meninggalkan stadion usai menyaksikan pertandingan cabang olahraga lari estafet regu putra dan putri dalam kompetisi Student Athletics Championship (SAC) Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (13/1).

Setelah bersalaman, Vivi mencoba menawarkan sejumlah produk yang kemudian diterima oleh Presiden Jokowi.

"Alhamdulillah bapak mau menerima produk saya, itu sudah sangat bersyukur sekali. Karena dari awal saya mau produk saya ini Bapak Presiden coba dan Allah Swt jabbah doa saya saat ini,” ujar Vivi.

Produk keripik tempe yang dijual Vivi memiliki merek "Kahla" yang merupakan kepanjangan dari berkah langit. Vivi memilih nama itu dengan harapan usaha yang dibangunnya bisa mendapatkan keberkahan dari Tuhan, sehingga mampu membantu masyarakat sekelilingnya.

"Bukan hanya berkah untuk saya, tetapi juga untuk warga di sekeliling saya," ujarnya.

Menurut Vivi, pemasaran dari produknya tidak hanya di pasar nasional, tetapi sampai ke pasar global. Dia menyampaikan bahwa usahanya mendapat perhatian pembeli dari Korea Selatan.

"Alhamdulillah nya saat ini kita sedang negosiasi dengan mereka (pembeli dari Korea Selatan). Mereka sudah meminta produk yang ada sambalnya. Mereka tertarik banget untuk tempe ini bisa ada di negara mereka," imbuhnya.

Saat ini, menurut Vivi, usahanya berangsur normal setelah kebijakan PPKM dicabut oleh pemerintah. Vivi juga bersyukur dengan sejumlah kebijakan lain yang berpihak kepada pelaku UMKM.

"Saya sendiri terus terang mendapatkan dampak yang sangat besar. Itu berkat ya kebijakan-kebijakan, dipermudah semua," ungkap Vivi.

Salah satunya dari pinjaman perbankan yang dikhususkan bagi pelaku UMKM. "Pinjaman-pinjaman yang juga KUR ya pak, dengan bunga yang kecil. Alhamdulillah itu sangat membantu buat kami," ungkap Vivi.

Vivi pun berharap para pelaku UMKM tidak pantang menyerah dalam menjalankan usahanya. "Jangan pantang menyerah karena saya pun juga demikian tidak pantang menyerah sehingga saya bisa berdiri saat ini," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner