Kalsel

Tak Hanya Tempat Sampah, TPA Banjarbakula Juga Jadi Pengolahan Oli Bekas

apahabar.com, BANJARBARU – Semua orang mengetahui jika TPA adalah tempat pembuangan akhir seperti sampah dan lainnya….

Featured-Image
TPA Banjarbakula. Foto-dok/apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU – Semua orang mengetahui jika TPA adalah tempat pembuangan akhir seperti sampah dan lainnya. Namun tidak untuk TPA Banjarbakula.

TPA ini juga dilengkapi fasilitas untuk produksi pengolahan limbah B3 (oli bekas).

Oli bekas yang nantinya ditampung akan diolah menjadi setara solar industri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana membenarkan hadirnya fasilitas baru di TPA Regional Banjarbakula.

“TPA tidak hanya sekedar menampung sampah, tetapi juga akan dimanfaatkan sebagai pengolahan oli bekas dengan kualitas setara solar industri,” ujarnya, Kamis (6/5).

Hanifah bilang, operasional pengolahan oli limbah bekas ini sudah mendapat penunjukan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sejak 2019 lalu.

Adapun kapasitas yang dapat di produksi sekitar 20 ton perbulannya.

Suplai oli bekas di Kalimantan Selatan, katanya sangat banyak yang diambil perusahaan-perusahaan tambang dan menghasilkan oli bekas.

“Olahan oli bekas mempunyai manfaat dari sisi ekonomi dan ekologi,” ucapnya lagi.

Hasil olahan oli bekas yang diproduksi di tempat pembuangan akhir (TPA) regional Banjarbakula dipastikan akan memberikan manfaat bagi sisi ekonomi.

Disampaikannya, hasil olahan oli bekas dengan kualitas setara solar industri ini akan dapat dimanfaatkan untuk mesin kelotok bagi nelayan, atau mesin traktor untuk pertanian.

Operasional pengolahan oli bekas ini, dipastikan akan memberikan dampak yang positif bagi sisi ekologi dan ekonomi hingga dapat memberikan kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD).



Komentar
Banner
Banner