News

Tak Banyak Diketahui, Wisata Bahari di Kerayaan Kotabaru Bikin Penasaran

apahabar.com, KOTABARU – Tak banyak yang mengetahui Desa Kerayaan di Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru, juga…

Featured-Image
Salah satu spot keindahan Kerayaan Beccu di Desa Kerayaan, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru. Foto: Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Tak banyak yang mengetahui Desa Kerayaan di Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru, juga memiliki wisata bahari potensial.

Destinasi tersebut adalah sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 300 hektare, tepat di samping Pulau Kerayaan.

Disebut Kerayaan Beccu oleh warga sekitar, pulau tak berpenghuni ini memiliki sederet daya tarik, sekalipun belum diketahui banyak orang.

Beragam potensi yang tersedia antara lain terumbu karang, pantai dengan hamparan pasir putih panjang dan bersih, serta ombak relatif tenang.

Potensi alam itu pun tidak disia-siakan. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pemuda setempat, Kerayaan Beccu mulai dikembangkan.

“Kerayaan Beccu cukup layak untuk dijadikan wisata unggulan di Kotabaru, karena masih alami dan asri,” papar Badrul Aini, warga sekaligus tokoh pemuda Desa Kerayaan.

“Memang cukup menjanjikan. Apalagi terdapat satwa yang dilindungi di Kerayaan Beccu, di antaranya, penyu, burung hitam dan elang,” imbuhnya.

Perjalanan mencapai Kerayaan Beccu dimulai dengan transportasi darat dari kawasan Penyeberangan Tanjung Serdang.

Setibanya di Desa Tanjung Lalak atau setelah 3 jam kemudian, perjalanan dilanjutkan menggunakan kelotok selama 30 menit ke Pulau Kerayaan. Ongkos kelotok per orang dipatok Rp25 ribu untuk sekali berangkat.

Tarif akan lebih murah, apabila kelotok disewa. Biasanya warga setempat mengenakan biaya sekitar Rp200 ribu dengan kapasitas 20 hingga 30 orang.



Komentar
Banner
Banner