Pemkab Tabalong

Tahun Ini Pemkab Tabalong Bangun Pasar Agribisnis Kembang Kuning

apahabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) segera membangun Pasar Agribisnis…

Featured-Image
Desain Pasar Agribisnis Kembang Kuning di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong. Foto-Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) segera membangun Pasar Agribisnis di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Haruai.

Pembangunan pasar tersebut di atas lahan seluas 12.000 meter persegi yang status lahannya sudah bersertifikat. Nantinya selain dibangun Pasar Agribisnis, di lahan tersebut juga dibangun ruang terbuka hijau, zona fasilitas umum dan lahan pengembangan.

Kepala Disperindag Kabupaten Tabalong, Husin Ansari, mengatakan pembangunan di lahan 12.000 meter persegi ini dibagi empat zona, yaitu zona ruang terbuka hijau, zona fasilitas umum, zona pasar utama dan zona lahan pengembangan.

“Pembangunan keempat zona akan dibangun secara bertahap,” jelasnya, Kamis (4/3).

Dijelaskan Husin, pembangunan pasar akan mulai 2021, meliputi fasilitas bangunan utama, pembangunan jalan dan halaman, los pasar utama, tempat penampungan sampah, menara air, toilet, tempat wudhu dan ruang genset.

Perencanaan pembangunan Pasar Agribisnis Kembang Kuning oleh Konsultan Perencana telah selesai.

“Rencananya pembangunan pada tahap pertama dengan total anggaran sebesar Rp lima miliar segera dilelangkan,” jelas Husin.

Dengan demikian diharapkan pada Januari akan dilakukan penandatanganan kontrak pelaksanaan pekerjaan fisik, sehingga di bulan Juni 2021 sudah berdiri dan beroperasi Pasar Agribisnis di Kabupaten Tabalong.

Menurut Husin, pembangunan Pasar Agribisnis ini sejalan dengan RPJM Kabupaten Tabalong tahun 2019 -2024 yang tertuang dalam Perda nomor 4 tahun 2019, dimana tema didalam RPJMD tersebut adalah percepatan pengembangan ekonomi, terutama sektor pertanian, industri dan perdagangan dengan dukungan SDM yang handal, infrastruktur yang berkualitas sebagai pusat pertumbuhan baru wilayah utara Kalimantan Selatan.

Pasar agribisnis di Desa Kembang Kuning ini diharapkan bisa menjadikan sebagai daerah pertumbuhan baru di Kabupaten Tabalong.

Hal ini dikarenakan dengan adanya rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kabupaten Panajam Paser Utara Kalimantan Timur, maka wilayah Kabupaten Tabalong khususnya wilayah utara akan menjadi wilayah yang strategis.

“Pasar Agribisnis Kembang Kuning ini juga merupakan salah satu jawaban yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Disperindag , atas permasalahan yang selama ini dikeluhkan oleh para petani agribisnis khususnya di wilayah utara yang kesulitan dalam memasarkan produk pertaniannya,” pungkas Husin.



Komentar
Banner
Banner