Kalteng

Tahap Pertama Vaksinasi Covid-19 di Kalteng; Palangka Raya dan Pulang Pisau

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Seyogianya vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Tengah dijadwalkan berlangsung mulai 14 Januari mendatang….

Featured-Image
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto-Shutterstock via Kompas.com

bakabar.com, PALANGKA RAYA — Seyogianya vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Tengah dijadwalkan berlangsung mulai 14 Januari mendatang.

Untuk vaksinasi Covid-19 tahap pertama akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau.

Sedangkan untuk kabupaten/kota lainnya, mengatur sendiri jadwalnya antara 14-15 Januari.

Namun sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terbaru, untuk semua provinsi hanya mendapat kick off termin tahap pertama di Januari.

img

Kadinkes Kalteng, dr Suyuti Syamsul. Foto-Istimewa

“Kick off tidak seluruh kabupaten sesuai arahan Kementerian Kesehatan, kabupaten lain Februari nanti,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng dr Suyuti Syamsul, Selasa (12/1/2021).

Sesuai arahan Menteri, lanjut Suyuti, vaksinasi tahap pertama di bulan ini, dilaksanakan di ibukota provinsi dan kabupaten berbatasan langsung dengan ibukota provinsi.

Untuk di Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya dan Kabupatan Pulang Pisau.

“Ini karena terkait persediaan vaksin, di mana satu orang diberikan dua kali, sementara kontinuitas vaksin belum bisa dipastikan, sehingga fokus dulu,” ujarnya.

Apabila nanti di Palangka Raya dan Pulang Pisau kekurangan vaksin, maka vaksin yang telah didistrubusikan ke kabupaten lain akan ditarik dulu.

Tetapi tidak semua vaksin di kabupaten ditarik lagi ke provinsi, namun tetap disimpan di kabupaten.

Hal ini untuk menjaga agar vaksin tidak rusak dan tetap terjaga mutunya sampai selesai penyuntikan.

“Vaksin yang ada di kabupaten tetap dicatat sebagai persediaan provinsi, belum persediaan kabupatan,” ucapnya.

Kick off vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Tengah, akan dilaksanakan di halaman kantor gubernur dan sebagai vaksinator dari Puskesmas Menteng Palangka Raya.

Vaksin pertama akan diberikan ke gubernur, wakil gubernur, ketua DPRD, kapolda, danrem, kadinkes, Direktur Rumah Sakit Doris Palangka Raya, kepala BPOM, ketua IDI dan ketua MUI.

Sementara itu jumlah tenaga kesehatan di Kalimantan Tengah sebanyak 17.940 orang. Sedangkan vaksin tahap pertama yang diterima sebanyak 14.680 dosis.

Komentar
Banner
Banner