Nasional

Sutopo: Jangan Sebar Hoax Tsunami di Banggai Sulteng

apahabar.com, JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho…

Featured-Image
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Foto-detik.com

bakabar.com, JAKARTA– Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyayangkan beredarnyaberita hoaks tentang tsunami di Banggaipascagempa tersebut.

“Beredar banyakhoaxtentang tsunami di Banggai. Mohon untuk tidak ikut-ikutan menyebarkanhoax. Berdasarkan laporan BPBD Kab Banggai dan BPBD Banggai Kepulauan, tidak terpantau ada tsunami. BMKG juga sudah mengakhiri peringatan dini tsunami. Lakukan cek lebih dahulu,” tuis Sutopo di akun Twitter-nya, Jumat (12/4/2019).

Baca Juga:Gempa di Sulteng: Peringatan Tsunami Dihentikan, Warga Diimbau Tetap Waspada

Sutopo mencuitkan hal tersebut sembari mengunggah sejumlah pesan hoax yang menyatakan Banggai sudah diterjang tsunami. Sutopo meminta agar masyarakat memikirkan perasaan warga yang terdampak gempa.

“Hoaxtsunami di Banggai dalam berbagai bentuk banyak beredar di medsos. Laporan dari BPBD dan relawan, kondisi di Luwuk Banggai tidak ada tsunami. BMKG juga sudah mengakhiri peringatan dini tsunami. Ayo, jangan ikut-ikutan menyebarkanhoax. Kasihan warga yang tambah panik,” imbau Sutopo.

Sutopolantas mengunggah video seseorang berdiri di tepi pantai Luwuk, Banggai. Dia meminta semua masyarakat tetap tenang.

“Kondisi pantai di Luwuk Kab Banggai aman dan normal. Tidak ada tsunami. Mohon masyarakat tetap tenang dan waspada. Jangan percaya dengan informasi yang menyesatkan. Banyakhoaxdisebarkan oknum. Tetap waspada,” pesan Sutopo.

Baca Juga:Gempa di Sulteng; Warga Panik Berlarian ke Gunung

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner