Pemilu 2024

Survei Puspoll: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 41,0 Persen

Hasil Lembaga Survei Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil periode Desember 2023 menempatkan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran menempati pos

Featured-Image
Prabowo-Ganjar komitmen membangun ekonomi berkeadilan. Foto: Istimewa.

bakabar.com, JAKARTA - Hasil Lembaga Survei Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil periode Desember 2023 menempatkan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran menempati posisi teratas dalam elektabilitas di Pilpres 2024.

Dalam survei tersebut, Prabowo-Gibran mengungguli dua pasangan lainnya dengan tingkat elektabilitas mencapai 41,0 persen.

Sedangkan di urutan kedua ditempati paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 27,6 persen yang ditempel ketat paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan perolehan 26,1 persen.

Baca Juga: LIPSUS: Lembaga Survei Moncong Propaganda Politik

Dengan perolehan tingkat keterpilihan yang dirangkum dalam peta elektoral Pilpres 2024 diprediksi akan berlangsung dua putaran.

"Elektabilitas Prabowo-Gibran yang hanya 41 persen, hampir bisa dipastikan Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. Pertarungan sengit akan terjadi antara paslon nomor 1 dan nomor 3 untuk maju ke putaran kedua," kata Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja di Jakarta, Selasa (2/1).

Muslimin menjelaskan, berdasarkan hasil crosstab suara paslon berdasarkan wilayah Jawa yang menjadi wilayah pertempuran utama, di Jawa Barat Paslon Prabowo-Gibran menempati urutan pertama, lalu disusul oleh Paslon Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Baca Juga: Survei Roy Morgan: Ganjar Unggul di Jawa, Prabowo Dominasi Kalimantan

Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud yang menguasai daerah Jateng & DIY yang merupakan basis PDI-P, lalu disusul oleh Paslon Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin.

"Sedangkan di Jawa Timur yang merupakan mayoritas Nahdiyin atau NU, Prabowo-Gibran masih unggul berada di urutan pertama, lalu diikuti oleh paslon Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin," tukasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner