Pemilu 2024

Survei Roy Morgan: Ganjar Unggul di Jawa, Prabowo Dominasi Kalimantan

Lembaga survei asal Australia Roy Morgan, merilis survei tingkat keterpilihan calon presiden (capres) RI pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Featured-Image
Tiga pasangan capres-cawapres resmi mendapatkan nomor urut untuk Pemilu Presiden 2024. Foto: apahabar.com/Nandito

bakabar.com, JAKARTA - Lembaga survei asal Australia Roy Morgan, merilis survei tingkat keterpilihan calon presiden (capres) RI pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Dalam survei tersebut, Roy Morgan mengungkapkan elektabilitas Ganjar Pranowo secara umum berada pada posisi teratas dengan persentase 38 persen. Angka tersebut naik 10 persen sejak kuartal Maret 2023.

Survei terbaru ini merekam pendapat masyarakat yang dimulai pada Juli-September 2023 dengan melibatkan 2.630 pemilih Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas.

Baca Juga: Survei ASI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi di Pulau Jawa

Ganjar unggul atas Capres nomor satu. Prabowo Subianto, yang memperoleh suara sebesar 30 persen. Angka ini disebut meningkat 13 persen dari survei sebelumnya.

Sementara itu, Anies Baswedan, berada di posisi ketiga dengan perolehan suara sebesar 25 persen yang naik 10 persen dari survei sebelumnya.

Roy Morgan menyebut hanya 7 persen pemilih yang tidak dapat memutuskan di antara tiga kandidat tersebut dan menominasikan kandidat lain.

Survei Roy Morgan sendiri dilakukan sebelum ketiga capres secara resmi mengumumkan pasangan calon wakil presiden (cawapres) mereka dan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada akhir Oktober 2023.

Baca Juga: Survei Ganjar-Mahfud Merosot, Prabowo-Gibran Naik: Anies Jeblos

Dalam survei tingkat wilayah, Roy Morgan menyebut ketiga capres memiliki elektabilitas yang berbeda-beda di beberapa pulau yang terekam.

Ganjar disebut mendominasi wilayah pemilihan di Jawa yang berpenduduk paling padat di Indonesia dengan 41 persen dukungan, unggul lebih dari 10 persen di atas Prabowo (29 persen) dan Anies (25 persen).

Namun di Sumatera, hasil survei menunjukkan hasil yang sama antara Prabowo (33 persen) dan Ganjar (33 persen). Sementara Anies masih berada di posisi terbawah dengan 28 persen.

Baca Juga: Petani Keluhkan Pupuk Langka, Ganjar: Karena Subsidi Dikurangi

Prabowo disebutkan unggul di dua pulau terpadat berikutnya di Indonesia dengan sekitar 20 juta orang, yakni Sulawesi dan Kalimantan. Di Sulawesi, Prabowo memiliki elektabilitas 42 persen yang unggul dari Ganjar (33 persen) dan Anies (22 persen).

Di Kalimantan, Prabowo memiliki elektabilitas 30, sedangkan Ganjar dan Anies memiliki elektabilitas yang sama, yaitu 25 persen.

Editor


Komentar
Banner
Banner