Sunshine Baby

Sunshine Baby, Pembawa Harapan Ibu yang Mengalami Keguguran

Sunshine baby, atau bayi sinar matahari, merujuk pada seorang anak yang lahir sebelum sang Ibu mengalami keguguran.

Featured-Image
Ilustrasi Sunshine Baby, Bayi Sunshine (Bayi Sinar Matahari) pembawa ketenangan bagi ibu yang keguguran. Foto: mindpath

bakabar.com, JAKARTA - Sunshine baby, atau bayi sinar matahari, merujuk pada seorang anak yang lahir sebelum sang Ibu mengalami keguguran.

Kehilangan kandungan dapat menimbulkan efek bagi fisik dan emosional yang besar. Beberapa orang tua memilih menyebut dan mengkategorikan pengalaman sebagai cara mengatasinya.

Meskipun tidak seterkenal rainbow baby atau bayi pelangi, namun kehadiran bayi sunshine memiliki kebaikan untuk orang tua.

Seperti rainbow baby yang memiliki istilah bayi yang lahir setelah sang Ibu mengalami keguguran. Bayi sunshine memiliki makna tersendiri, yaitu seorang bayi yang lahir sebelum hal itu terjadi.

Sunshine Baby, Pembawa Ketenangan dan Penyejuk

Ilustrasi Bayi Sunshine. Foto: Getty Images
Ilustrasi Bayi Sunshine. Foto: Getty Images

Sunshine, diartikan sebagai sinar matahari, hal ini memiliki simbol optimis yang mewakili ketenangan, kedamaian dan harapan orang tua yang sempat terganggu akibat kehilangan.

"Istilah ini sering digunakan sebagai bentuk pengingat orang tua akan adanya harapan," kata Kiana Shelton, pakar kesehatan di Mindpath Health, dilansir Parents.

Orang tua memiliki ragam emosi mengenai bayi sunshine, termasuk harapan, penyesalan, kebencian dan kekecewaan karena gagal menjaga calon saudara sang anak.

Merasa bersalah atas sedihnya kehilangan adalah hal yang sangat wajar. Serta mengingat kembali akan sang buah hati yang sudah ada dan hidup sehat juga sangat wajar terjadi.

Mengatasi kehilangan bayi menjadi satu hal yang berat, dan merasa kehilangan arah untuk ke depan. Namun yakinlah bahwa ada hal yang bisa dilakukan untuk melewati masa sulit ini, dan meyakinkan bahwa Anda tidak sendirian menjalaninya.

"Anda adalah manusia, dan berhak merasakan emosi apapun yang dimiliki," kata Maria Costantini-Ferrando, MD, PhD, ahli endokrinologi.

Menerima dan merawat diri sangat penting bagi seorang ibu. Bersabar serta memaafkan diri dalam mengendalikan emosi yang tak menentu.

Banyak orang tua menghindari perasaan tidak nyaman ini, namun mengakui dan menerimanya adalah cara terbaik untuk melepaskannya.

Terlalu berlarut dalam duka ini tidak disarankan, baik untuk orang tua dan sang buah hati. Anda dapat merayakan hidup bersama dan merangkul anak sebagai bentuk penyembuhan.

Mencari seorang dokter ahli dalam bidangnya juga membantu orang tua mengenai pandangan mereka mengenai kehamilan selanjutnya, serta membantu meringankan rasa kehilangan tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner