Sport

Sukses di Haornas 36, Kuntau Samudra Jaya Tatap Fornas V

apahabar.com, BANJARMASIN – Mengukir prestasi itu mudah, tetapi mempertahankannya yang sulit. Pepatah ini mungkin yang tepat…

Featured-Image
Perguruan Samudra Jaya Tapin di Festival Silat Budaya Kuntau 2019. Foto-apahabar.com/Musnita Sari.

bakabar.com, BANJARMASIN - Mengukir prestasi itu mudah, tetapi mempertahankannya yang sulit. Pepatah ini mungkin yang tepat menggambarkan kerja keras yang telah dilakukan oleh perguruan Samudra Jaya asal Tapin di Festival Silat Budaya Kuntau 2019.

Festival tersebut merupakan salah satu rangkaian Hari Olahraga Nasional ke 36 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Enam piala berhasil mereka bawa pulang. Dua di antaranya kategori beregu APPSBI (Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia) dan kategori beregu usia 26-55 tahun.

"Tahun lalu dapat 6 piala, tahun ini pun sama. Alhamdulillah," ucap salah satu atlet Kuntau Samudra Jaya, Muhammad Zakirullah kepada bakabar.com usai menerima piala kemenangan, Kamis (5/9) sore.

Sebanyak 12 atlet yang dibagi jadi 3 tim harus berupaya keras bersaing dengan 202 peserta dari 21 perguruan pencak silat di Kalsel.

"Semua tim adalah lawan yang berat, karena ini kan persaingan," kata dia.

Tidak sia-sia memang latihan keras mereka selama ini. Untuk menghadapi festival ini, timnya melakukan latihan khusus setiap hari dibawah binaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tapin.

"Khusus ini kami latihan setiap hari, diluar itu hanya seminggu sekali saja," sebutnya.

Dengan modal disiplin dan kemauan kuat, pencapaian seperti ini ujarnya bukan impian semata. Namun tentunya para atlet juga harus memperhatikan stamina mereka agar tetap fit selama bertanding.

Dispora Tapin pun benar-benar serius melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional. Bahkan, menurut Kasi Bidang Pembudayaan Olahraga Tradisional dan Kesenian Masyarakat, Hendra, setelah Haornas ini Perguruan Samudra Jaya kembali akan mengikuti pekan olahraga nasional lainnya.

"Perguruan mereka terus kami bina untuk menghadapi Fornas (Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional) V di Balikpapan, November mendatang," ungkap Hendra.

Baca Juga:BKOM Kalsel Tangani Kesehatan Atlet Haornas 2019

Baca Juga:Puncak Haornas ke-36 di Kalsel Bakal Cetak Sejarah Baru

Baca Juga:Tak Dibantu Kemenpora, Biaya Haornas 2019 Rp 5,5 Miliar Sumber APBD Kalsel

Baca Juga: Buka Festival Pencak Silat, Paman Birin Janjikan Kuntau Pecahkan MURI

Reporter: Musnita Sari
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner