Pemilu 2024

Sudirman Said Sebut Anies Anomali, Survei Rendah Tak Menentukan

Sudirman Said mengakui bahwa hasil survei saat ini elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) di Pilpres 2024 menempati urutan buntut.

Featured-Image
Anies Baswedan. (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Juru Bicara Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan, Sudirman Said mengakui bahwa hasil survei saat ini elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) di Pilpres 2024 menempati urutan buntut.

Meskipun demikian, Sudirman tak ambil pusing dengan hasil survei tersebut. Baginya survei merupakan satu dari banyak alat ukur untuk menentukan keterpilihan calon.

"Survei itu hanya salah satu dari alat ukur seberapa baik keterpilihan kandidat kita, dan pengalaman pak Anies itu pengalaman anomali. Pada waktu di DKI Jakarta kita tahu, bahkan sebagian besar lembaga survei meramalkan tidak akan masuk putaran kedua, selalu nomor tiga," ujar Sudirman di Jakarta, Sabtu (16/9).

Baca Juga: PKS Bocorkan Bakal Putuskan Kabar Gembira soal Anies-Imin

Sudirman menambahkan seiring berjalannya waktu pasangan Anies-Muhaimin semakin mendapat simpati publik.Ia mencontohkan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Komunitas Masyarakat Indonesia Tionghoa atau Komit yang sudah mendukung Anies.

"Tentu saja, proses-proses di belakang layar atau yang tidak muncul di publik, kita melihat semakin banyak dukungan-dukungan dari berbagai macam kelompok," ucap Sudirman.

Tiga bacawapres yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto terus bersiap menghadapi Pemilu 2024. Berbagai langkah telah diambil untuk semakin memperkuat elektabilitas mereka.

Baca Juga: Fokus pada Kemenangan, Sudirman Said: Tak Ada Deadlock Soal Cawapres Anies

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru-baru ini membuat simulasi tiga pasangan bakal capres dan cawapres.

Elektabilitas Ganjar-Ridwan Kamil mendapat suara tertinggi dengan 35,4 persen. Diikuti Prabowo-Erick 31,7 persen. Anies-Muhaimin hanya 16,5 persen. Ada 16,4 persen belum menjawab.

Hal yang sama juga tercermin dalam Polling Institute yang menempatkan Prabowo di peringkat satu dengan keterpilihan 36,3 persen suara. Ganjar di peringkat dua dengan 32,4 persen dan Anies hanya meraih 20 persen

Survei Polling Institute digelar pada 21-25 Agustus 2023 dengan total 1.201 responden. Pengambilan sampel pada survei ini menggunakan teknik acak nomor telepon atau random digit dialing (RDD).

Editor


Komentar
Banner
Banner