Olahraga

Stadion Demang Lehman Akan Direnovasi Berstandar FIFA, Satu-satunya di Kalsel

Stadion Demang Lehman (SDL), Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel masuk dalam 22 stadion Indonesia yang akan direnovasi berstandar internasional FIFA.

Featured-Image
Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA -Stadion Demang Lehman (SDL), Martapura, Kabupaten Banjar masuk dalam 22 stadion Indonesia yang akan direnovasi berstandar internasional FIFA.

Kementerian PUPR menggelontorkan Rp 1,9 triliun untuk merenovasi 22 stadion tersebut. SDL bakal jadi satu-satunya stadion berstandar FIFA di Kalsel.

Sekda Banjar, H Mokhamad Hilman mengaku menyambut gembira. Ia mengatakan Kementerian PUPR sudah memverifikasi SDL, hasilnya masuk kategori sedang untuk direnovasi.

"Hasil verifikasi atas kondisi Stadion Demang Lehman sudah dimiliki Kementerian PUPR, mereka sudah mencek langsung," ujar Hilman kepada bakabar.com.

Stadion yang direnovasi, kata Hilman, nantinya memenuhi standar kelayakan dan pengelolaan yang baik dan profesional.

"Terkait ini, Kementerian PUPR masih menyusun dokumen standar kelayakan dan pengelolaan stadion Indonesia. Kami pun masih berkomunikasi soal ini dan beberapa kali bergabung dalam FGD (focus group discussion)," terang Hilman.

Standar kelayakan dan pengelolaan stadion dimaksud, di antaranya punya keandalan layak fungsi, dikelola secara profesional, hingga punya daftar simak, dan sebagainya.

"Dalam hal pengelolaan kita mendapat apresiasi karena sudah bekerja sama dengan pihak ketiga, yaitu klub profesional yang berkompetisi di liga 1 Indonesia, sehingga pemerintah tidak perlu lagi keluar biaya untuk pengelolaan," kata Hilman.

Apa Saja yang Direnovasi?

Hilman mengungkapkan, renovasi menyesuaikan kebutuhan. PUPR sendiri sudah punya catatan, di antaranya pergantian rumput, yang saat ini menggunakan rumput zoysia akan diganti menjadi rumput berteknologi hybrit.

Termasuk lampu stadion, pencahayaan harus ditinggkatkan seiring dengan rencana penerapan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1.

"Untuk pencahayaan yang mendukung teknologi VAR minimal 1200 lux. Sekarang pencahayaan stadion kita belum memenuhi itu, teknologi lampunya pun sudah ketinggalan," papar Hilman.

Termasuk sistem keamanan Stadion Demang Lehman yang saat ini belum memenuhi standar, juga tak luput dari pembenahan.

Hilman menyebut, standar kemanaan stadion meliputi kemanan pemain, wasit, pelatih & official, dan penonton.

"Standar keamanan meliputi bagaimana kondisi di dalam dan di luar stadion terkait sistem evakuasi apabila terjadi hal luar biasa yang mewajibkan seluruh yang ada dalam stadion harus keluar," terang Hilman.

Renovasi juga bakal meliputi penambahan fasilitas lainya, seperti ruang transit pemain yang saat ini tidak dimiliki SDL, di mana jika ada dua pertandingan maka tidak ada ruangan khusus tim yang akan bermain berikutnya.

Termasuk juga kursi penonton harus single set, yang saat ini belum seluruhnya ada di SDL. Juga upgrade kapasitas penonton kemungkinan juga akan dilakukan penambahan, di mana saat ini punya kapasitas 15 ribu penonton.

Berapa anggaran renovasi Stadion Demang Lehman? Hilman mengatakan belum mengetahui, karena ranahnya Pemerintah Pusat. "Melihat anggarannya besar, tidak berbatas sebenarnya, karena bagaimana caranya agar stadion memenuhi syarat standar internasional," terang Hilman.

Kapan Dimulai Renovasi Stadion Demang Lehman?

Hilman menyebut, jika sesuai penganggaran, semestinya triwulan tahun 2024 sudah dimulai. Namun yang jadi kendala, renovasi harus menyesuaikan jadwal kompetisi, sesuai masukan dari PSSI.

"Karena kompetisi [Liga 1] berakhir bulan April dan masuk babak 4 besar di bulan Mei. Nanti akan didiskusikan lagi," pungkas Hilman.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, selain Jakarta International Stadium (JIS), pemerintah akan merenovasi 22 stadion di Indonesia.

Basuki mengatakan, total 165 stadion yang sudah dievaluasi oleh Komite Keselamatan Bangunan Gedung (KKBG). Hasilnya, hanya 22 stadion yang akan direnovasi.

"Dari 22 itu ada [stadion] yang rusak ringan, sedang, berat. Berat ada yang harus dirobohkan seperti Stadion di Lamongan, beberapa di antaranya dulu sudah kami perbaiki," ucap Basuki usai meninjau JIS, Jakarta Utara, Juli lalu.

Pada kesempatan sama, Ketua PSSI Erick Thohir mengatakan 22 stadion itu nantinya akan direnovasi sesuai standar FIFA.

"Kita di sini ingin menyelesaikan aset-aset nasional, 22 stadion yang akan direnovasi senilai Rp 1,9 triliun itu memang sudah standar, yang dimau (standar) internasional atau FIFA," ungkap Erick.

Daftar Stadion akan Direnovasi:

Rusak Ringan:

  1. Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung
  2. Stadion Jatidiri, Kota Semarang
  3. Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor
  4. Stadion Segiri, Kota Samarinda

Rusak Sedang:

  1. Stadion Indomilk Arena Kabupaten Tangerang
  2. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Kota Palembang
  3. Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi
  4. Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh
  5. Stadion Wibawa Mukti, Kota Bekasi
  6. Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung
  7. Stadion Gelora Bumi Kartini, Kabupaten Jepara
  8. Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman
  9. Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Kabupaten Pamekasan
  10. Stadion B. J. Habibie, Kota Parepare
  11. Stadion Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik
  12. Stadion Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo
  13. Stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar

Rusak Berat:

  1. Stadion Bumi Sriwijaya, Kota Palembang
  2. Stadion Teladan, Kota Medan
  3. Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta
  4. Stadion Surajaya, Kabupaten Lamongan
  5. Stadion Brawijaya, Kota Kediri.
Editor


Komentar
Banner
Banner