Nasional

Spesies Baru Dinosaurus Langka Ditemukan di Jepang

apahabar.com, TOKYO – Fosil spesies baru dinosaurus teridentifikasi baru-baru ini di Jepang. Fosil yang nyaris lengkap itu…

Featured-Image
Fosil dinosaurus spesies baru, Kamuysaurus japonicus, yang ditemukan di Jepang.Foto-Hokkaido University via Channel News Asia

bakabar.com, TOKYO- Fosil spesies baru dinosaurus teridentifikasi baru-baru ini di Jepang. Fosil yang nyaris lengkap itu memiliki panjang hingga 8 meter.

Seperti dilansirdetikcom dari ReutersdanCNN, Jumat (6/9/2019),fosil kerangka dinosaurusberusia 72 juta tahun itu merupakan fosil terbesar yang pernah ditemukan di wilayah Jepang. Fosil itu diketahui ditemukan terkubur di zona deposit laut di kota Mukawa, Hokkaido, beberapa tahun lalu.

Setelah melakukan analisis terhadap ratusan potongan kerangka dinosaurus yang ditemukan, tim ilmuwan yang dipimpin Hokkaido University menyimpulkan bahwa fosil itu berasal dari spesies baru dari dinosaurushadrosaurid-dinosaurus dengan moncong mirip bebek- yang herbivora.

Spesies baru ini diketahui pernah hidup di Bumi pada akhir era Cretaceous, antara 145,5 juta tahun hingga 65,5 juta tahun yang lalu.

Bagian ekor dari dinosaurus spesies baru ini ditemukan pertama kali di wilayah Jepang bagian utara, tahun 2013 lalu, dalam penggalian gabungan yang dilakukan oleh Hobetsu Museum dan Hokkaido University Museum.

Aktivitas penggalian lanjutan berujung temuan nyaris keseluruhan kerangka dinosaurus spesies baru itu. Laporan soal temuan spesies baru ini diulas di dalam ‘Scientific Reports’.

Baca Juga: Misteri Perkataan Aminah, Istri yang Tewas Ditikam di Kandangan

Baca Juga: Selamat, Akhirnya Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Esemka

Sumber: detik.com
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner