Megaproyek IKN

Libatkan Budayawan, Museum Kelas Dunia Bakal Dibangun di IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melibatkan para budayawan dan pegiat seni untuk memikirkan konsep museum kelas dunia yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Featured-Image
Di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal didominasi bangunan hunian berkonsep vertikal alias tower. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melibatkan para budayawan dan pegiat seni untuk memikirkan konsep museum kelas dunia yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepala OIKN, Bambang Susantono menerangkan para budayawan diminta akan melakukan studi ke beberapa negara yang memiliki museum ternama di dunia.

"Jadi kita ingin nantinya akan ada di Nusantara itu kelas dunia. Salah satunya museum. Jenisnya nanti kita coba rumuskan kembali," katanya seperti dilansir Antara, Minggu (3/12).

e

Baca Juga: EKBIS SEPEKAN: Pakuwon Tak Kunjung Membangun di IKN hingga Penanganan Perubahan Iklim

Selain melibatkan para budayawan dan pegiat seni, OIKN juga akan melibatkan ahli seni dan budaya yang berasal perguruan tinggi di bidang seni dan budaya seperti Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Institut Seni Indonesia (ISI).

Keterlibatan para budayawan dan pekerja seni itu dimaksudkan untuk membantu mendefinisikan museum berkelas dunia.

Selain itu, diharapkan juga dapat merefleksikan dari keberagaman yang ada di bangsa Indonesia dalam suatu museum yang akan dibangun di IKN ke depan.

"Kita melakukan beberapa perbandingan di Eropa, di beberapa tempat dan juga nanti kita akan konsultasikan dengan yayasan museum di Indonesia sehingga nanti kita akan mendapatkan yang terbaik," jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner