LRT Jabodetabek

Soft Launching LRT Jabodebek Dilakukan Hari Ini, Terbuka untuk Umum

Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek mulai berlangsung hari ini, Rabu (12/7).

Featured-Image
LRT Kabodebek yang sedang melakukan uji coba. foto: apahabar.com/Rubiakto

bakabar.com, JAKARTA - Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek mulai berlangsung hari ini, Rabu (12/7). Pada saat soft lounching, hanya masyarakat yang telah mendaftar yang bisa mengikuti uji coba LRT Jabodebek.

Sebelumnya, manajemen LRT Jabodebek telah membuka pendaftaraan melalui link google form yang tersedia di media sosial. Saat uji coba ditargetkan 600 orang dalam sehari akan merasakan bagaimana naik transportasi massal baru itu.

Bagi mereka yang telah mendaftar perlu mengetahui syarat dan ketentuan saat akan naik LRT Jabodebek. Dan berikut syarat untuk bisa ikut uji coba LRT Jabodebek: 

1. Wajib menunjukan bukti konfirmasi yang diterima melalui SMS/WHATSAPP/EMAIL dari pihak LRT Jabodebek kepada petugas stasiun.

Baca Juga: Rute LRT Jabodetabek Diperpanjang hingga Bogor, Begini Penjelasan LRT

2. Wajib membawa Uang Elektronik/KMT yang masih berlaku.

3. Dilarang makan dan minum di dalam kereta.

4. Bersedia mengikuti rute perjalanan yang sudah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek.

Sementara itu, jam operasional LRT Jabodebek selama soft launching akan berlangsung mulai pukul 05.00 hingga 23.37 WIB.

"Nantinya LRT akan beroperasi dari jam 5 pagi sampai jam 23.37 WIB. Jadi warga masyarakat nggak perlu khawatir berangkat gelap pulang gelap kami siap mendukung," kata Manager Humas KAI LRT Jabodebek, Kuswardojo dalam keterangannya dikutip Rabu (12/7).

Baca Juga: Jelang LRT Jabodebek Beroperasi, Kemenhub Intensifkan Uji Coba

Kuswardojo menegaskan, selama sehari LRT Jabodebek mengoperasikan sebanyak 27 rangkaian kereta, di mana satu rangkaian terdiri dari 6 gerbong.

Adapun Kapasitas satu rangkaian kereta bisa menampung 1.308 orang dengan kapasitas tempat duduk 174 tempat duduk.

Khusus selama soft launching, pihak LRT Jabodetabek akan menyediakan sebanyak 4 rangkaian kereta dengan kapasitas 150 orang per trainset. Secara total, LRT Jabodebek bisa menampung 600 orang per-hari selama soft launching.

Kuswardoyo memastikan, tidak syarat khusus bagi masyarakat yang ingin mengikuti soft launching tersebut. Hanya, masyarakat perlu mendaftar di link yang tertera di akun media sosial resmi LRT Jabodebek.

Baca Juga: Progres LRT Jabodebek 95%, Tarif Resmi Masih Dibahas di Kemenhub

Khusus waktu tempuh, LRT Jabodebek akan bergerak dari Dukuh Atas menuju Jatimulya, Bekas selama 45 menit. Sedangkan, waktu tempuh Stasiun Dukuh Atas - Stasiun Harjamukti, Depok, selama 40 menit.

Kuswardoyo menambahkan, kecepatan LRT Jabodebek dalam soft launching akan melaju dengan kecepatan 50 km per jam hingga 80 km per jam.

Editor
Komentar
Banner
Banner