Kasus Korupsi Kementan

Soal Pemeriksaan Mentan oleh KPK, Anies Bungkam

Bacapres Anies Baswedan enggan berkomentar terkait Menteri Syahrul Yasin Limpo yang sedang diperiksa KPK soal dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Featured-Image
Bakal calon presiden Anies Baswedan saat diwawancarai awak media di Jakarta Convention Center, Sabtu (30/9).

bakabar.com, Jakarta- Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, enggan berkomentar terkait kasus Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Menteri SYL yang juga politisi Partai Nasdem ini sedang diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Ia diperiksa soal dugaan korupsi penyalahgunaan jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian. Sebelumnya KPK juga menggeledah kediaman SYL dan menyita sejumlah barang bukti.

Terkait hal itu, Anies juga tak menjawab adanya indikasi penggunaan KPK sebagai alat menjatuhkan lawan politik oleh pihak tertentu menjelang Pilpres 2024.

"Yang lain dulu, IDEA Fest dulu," kata Anies merespons pertanyaan wartawan, di Jakarta Convention Center, Sabtu (30/9).

Baca Juga: KPK Segera Panggil Mentan SYL Pertanyakan Uang Puluhan Miliar

Diberitakan bakabar.com sebelumnya, KPK juga membantah adanya kepentingan politik dalam penyelidikan dugaan korupsi yang melibatkan Menteri SYL di Kementerian Pertanian.

"Kami mempertanggungjawabkan seluruh proses penyidikan yang KPK lakukan. Kami pastikan bahwa ini adalah murni proses penegakkan hukum," ujar Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (29/9).

Ali menilai setiap proses hukum yang dijalani KPK saat ini kerap dikaitkan dengan proses politik menjelang Pemilu 2024 yang sedang berlangsung.

"Tapi kami tegaskan dan pada waktunya akan dibuka secara terang apa yang menjadi alat bukti, perbuatannya seperti apa di hadapan majelis hakim ketika proses penyidikan ini cukup," kata dia.

Editor
Komentar
Banner
Banner