Habar Pemilu 2024

Soal Intruksi Berpihak ke Prabowo-Gibran, PWNU Kalsel: Dukung Pembangunan IKN

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel menanggapi isu PBNU yang memihak terhadap pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subinto dan Gibran Rakabuming

Featured-Image
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel menanggapi isu PBNU yang memihak terhadap pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subinto dan Gibran Rakabuming Raka. Foto: Antara

bakabar.com, BANJARMASIN - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel menanggapi isu PBNU yang memihak terhadap pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ketua PWNU Kalsel M Tambrin menyatakan bahwa tak ada arahan secara tertulis dari PBNU untuk mengarahkan dukungan ke paslon Pilpres tertentu.

Namun menurutnya, PBNU sangat mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Saya sebagai warga Banua Kalsel sangat mendukung terhadap IKN, kita doakan semoga mendapat ridho Allah dan dikabulkan,” ujarnya, Rabu (24/1/2024).

PWNU Kalsel, Tambrin mengatakan selalu memegang prinsip “sami’na wa atho’na” atau memiliki arti kami dengar dan patuh.

Ringkasnya, PWNU Kalsel menaati segala hal yang menjadi instruksi dari Rois Am pemegang jabatan paling tinggi di dalam tubuh kepengurusan NU.

“Jadi kalau ada arahan atau petunjuk, kami sami’na wa atho’na,” ujar Tambrin yag juga Koordinator PBNU Wilayah 8 Kalimantan.

Tambrin mengakui, dukungan terhadap keberlanjutan IKN juga pihaknya suarakan ke seluruh Pengurus Cabang NU di kabupaten/kota.

“Pada beberapa kali pertemuan dengan ketua-ketua PCNU bahwa kami mendukung IKN ada di Kaltim dan kami mendoakan semoga hajat besar itu menjadi bagian cita-cita bangsa yang mulia,” ucapnya.

Isu mencuatnya keberpihakan PBNU ke pasangan Prabowo-Gibran bermula dari ungkapan Nadirsyah Hosen alias Gus Nadir.

Gus Nadir menilai, tindakan PBNU tidak sesuai komitmen netralitas yang disampaikan Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya.

Cendekiawan NU itu menyebut arahan untuk mendukung Prabowo-Gibran disampaikan langsung oleh Gus Yahya dan Rais Aam PBNU KH Miftachul Achyar di Hotel Bumi, Surabaya.

PBNU mengumpulkan berbagai pengurus dalam kesempatan tersebut, mulai dari rais syuriyah, ketua tanfdiziyah, hingga ketua cabang dan wilayah.

Editor
Komentar
Banner
Banner