Pemilu 2024

SMRC: Kaesang Berpeluang Berlabuh hingga Diusung PDIP di Pilkada Depok

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memprediksi Kaesang Pangarep berpeluang bersar akan berlabuh ke PDIP. Keputusan tersebut yang akan menjadi tiket ag

Featured-Image
Kaesang Pangarep saat mengunjungi gerai Sang Pisang di Sawangan kota Depok. (Foto: apahabar.com/Rubiakto)

bakabar.com, JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memprediksi Kaesang Pangarep berpeluang besar akan berlabuh ke PDIP. Keputusan tersebut yang akan menjadi tiket agar PDIP dapat mengusungnya dalam kontestasi Pilkada Depok.

Peneliti SMRC Saidiman Ahmad mengungkapkan keluarga besarnya yang berasal dari PDIP menjadi faktor terbesar Kaesang akan berlabuh di partai berlogo banteng bermoncong putih tersebut.

Seperti diketahui ayahnya Presiden Joko Widodo dan kakaknya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga merupakan kader aktif PDIP.

Baca Juga: PDIP Depok: Kaesang Calon Potensial Bakal Calon Wali Kota

“Selain itu juga ada peluang dan harapan dari Kaesang sebagai sosok yang bisa membawa perubahan di Kota Depok,” ujarnya saat dihubungi bakabar.com, Kamis (10/8).

Menurut dia, masyarakat Depok tergolong kritis, namun apatis. Ini disebabkan sebagian besar masyarakat Depok bekerja di Jakarta yang cenderung memiliki pemikiran terbuka.

Namun, di sisi lain warga Depok juga cenderung bersikap apatis. Sikap warga Depok tersebut juga disebabkan karena merasa tidak ada harapan atas terjadinya perubahan di Kota Depok.

Baca Juga: Dukung Kaesang, PSI Nekat Targetkan Satu Fraksi di DPRD Kota Depok

Meski begitu, Saidiman melihat ada aspirasi dari masyarakat untuk melakukan perubahan di Kota Depok akhir-akhir ini. Terlebih setelah kandidat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memimpin Depok selama empat periode.

“Terutama setelah beberapa tahun di bawah kepemimpinan PKS, relatif tidak ada perubahan yang berarti di Depok,” ujar Saidiman.

Peluang Kaesang diusung PDIP pun juga dianggap lebih besar dari nama lain yang beredar, seperti Sekretaris Daerah (sekda) Depok, Supian Suri. Nama tersebut dalam beberapa hari terakhir menarik perhatian PDIP Depok.

Penyebab Kekalahan PDIP

Kekalahan berturut-turut PDIP di Depok, kata Saidiman, juga dipengaruhi karena selama ini PDIP sering mengusulkan nama-nama yang kurang populer di telinga warga Depok.

Sementara itu, nama Kaesang dianggapnya populer. Terlebih, Kaesang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo dan adik dari Gibran Rakabuming Raka.

“Sehingga besar sekali peluangnya Gibran,” tutur Saidiman.

Baca Juga: Asal Didukung Warga Depok, Gerindra Gelar 'Karpet Merah' untuk Kaesang

Jika pun PDIP jadi mengusung, imbuh Saidiman, Kaesang akan memiliki tantangan yang harus dihadapi saat memutuskan menjadi bakal calon Wali Kota Depok.

“Tantangannya Kaesang harus membuat visi-misi dan program yang jelas,” tandas Saidiman.

Sebelumnya, Kaesang sudah mendeklarasikan diri akan maju dalam kontestasi pemilihan Wali Kota Depok. Meski begitu, hingga kini Kaesang belum memutuskan akan berlabuh di partai politik yang akan mengusungnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner