Kalsel

SMPN 1 Banua Lawas Punya Kolam Ikan Warna Warni di Atas Jembatan

apahabar.com, TANJUNG – SMP Negeri 1 Banua Lawas, Kabupaten Tabalong kini tengah mempercantik fisik sekolah dengan…

Featured-Image
Kepsek SMP Negeri 1 Banua Lawas, Abdul Rahman dan guru lainnya melihat-lihat ikan di kolam sekolah dari atas panggung dan jembatan warna warni. Foto-Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – SMP Negeri 1 Banua Lawas, Kabupaten Tabalong kini tengah mempercantik fisik sekolah dengan beragam tanaman serta kolam.

Selain untuk membuat nuansa hijau dan asri pada lingkungan belajar, perbaikan tersebut juga dimaksudkan untuk mendukung program Adiwiyata.

Meski hanya satu kolam, namun bangunan gazebo dan jembatan warna warni di atasnya sudah membuat asri gedung SMP yang terletak di Desa Banua Lawas Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong Kalsel.

Kepala SMPN 1 Banua Lawas, Abdul Rahman mengatakan, pembuatan kolam, gazebo dan jembatan bantuan dari CSR PT Pamapersada Nusantara melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong untuk sekolah Adiwiyata.

Bantuan tersebut sejak tahun 2017 lalu, dan tahun 2020 ini kembali didapat bantuan nilainya Rp 10 juta.

“Rencananya dana tersebut untuk pembangunan sumur pompa dan meja kursi taman sebagai sarana pendukung gazebo di atas kolam ikan, ” jelas Abdul Rahman, kepada bakabar.com, Jumat (27/11).

Ditambahkan, kolam ikan yang berada di tengah-tengah halaman sekolah ini luasnya 10 meter, panjang 16 meter dengan kedalaman 2 meter. Saat ini sudah diisi ikan gurame.

Sementara panggung atau gazebo bisa berfungsi sebagai tempat belajar sebagai alternatif belajar di kelas.

Abdul menjelaskan, masih banyak rencana yang ingin digagas untuk membuat SMP Negeri 1 Banua Lawas agar lebih bersih, asri, dan indah.

” Namun dengan keterbatasan dana membuat pihaknya harus merancang kebutuhan beserta harapan agar dapat berjalan seimbang,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner