Kalsel

Siring Piere Tendean Banjarmasin Tutup, RTH Kamboja Tetap Dibuka

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak seperti Siring Piere Tendean Banjarmasin, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, Jalan Anang…

Featured-Image
Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, Jalan Anang Adenansi, Banjarmasin tetap buka. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Tak seperti Siring Piere Tendean Banjarmasin, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, Jalan Anang Adenansi, Banjarmasin tetap buka.

Tentu beroperasinya RTH Kamboja Banjarmasin menjadi sasaran warga ketika akhir pekan meski di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Muhyar menegaskan tetap mengoperasionalkan RTH Kamboja dengan beragam alasan.

Utamanya yakni membatasi aktivitas warga untuk tetap berada di rumah ketika dalam kondisi Covid-19.

"Kalau itu ditutup, mau ke mana lagi orang berkeliaran ke sana kemarin," ujar Muhyar.

Ia menerangkan bahwa pengoperasional RTH Kamboja ini, masyarakat wajib melakukan protokol kesehatan. Baik warga yang berolahraga maupun bersantai.

Petugas melakukan pengawasan, jika ada warga tidak taat dalam hal mengenakan masker.

“Lahan Kamboja terbuka untuk umum, tapi kegiatan yang air mancur, tempat bermain anak-anak saat ini masih belum dibuka,” terang Muhyar.

Selain itu, terdapat satu fasilitas umum lagi yang ditutup sementara waktu dengan tujuan membatasi ruang gerak masyarakat di RTH Kamboja. “Yang mana juga termasuk taman baca anak tidak dibuka,” kata Muhyar.

Sampai saat ini pihaknya sudah mempersiapkan tempat taman baca untuk anak-anak yang menerapkan protokol kesehatan.
“Kita sudah serahkan kepada Dinas perpustakaan dan Arsip Banjarmasin. Namun dengan ada Covid-19 ini maka tidak bisa dioperasionalkan,” ungkap Mhyar.

Muhyar menambahkan bagi masyarakat yang berkunjung di RTH Kamboja mau pun yang berolahraga tetap menerapkan protokol kesehatan.

“RTH termasuk fasilitas umum, tapi tentu pengunjung diminta untuk tetap menerapkan protkes ketika berada di taman,” tekan Muhyar.



Komentar
Banner
Banner