Sport

Singkirkan Singapura di Kualifikasi Piala Asia 2022, Timnas Wanita Indonesia Bikin Sejarah

apahabar.com, JAKARTA – Timnas Wanita Indonesia memastikan diri lolos putaran final Piala Asia Wanita 2022, seusai…

Featured-Image
Aksi gelandang Timnas Wanita Indonesia, Zahra Muzdalifah, dalam pertandingan kedua melawan Singapura. Foto: PSSI

bakabar.com, JAKARTA – Timnas Wanita Indonesia memastikan diri lolos putaran final Piala Asia Wanita 2022, seusai menumbangkan Singapura di pertandingan kedua kualifikasi grup C, Senin (27/9) malam.

Kemenangan kedua dalam pertandingan di Stadion Pamir Tajikistan ini, ditentukan gol semata wayang Octavianti Dwi Nurmalita.

Gol tersebut dibukukan di menit 31, setelah Octavianti dengan jeli melihat ruang kosong, ketika terjadi kemelut di depan gawang Singapura.

Indonesia sebenarnya punya sejumlah kesempatan menambah gol di babak pertama. Di antaranya melaui Baiq Amiatun Shalihah. Namun peluang tersebut masih bisa digagalkan kiper Kusumawati.

Memasuki babak kedua, Indonesia masih lebih dominan menguasai bola. Serangan dari sayap dan permainan kombinasi dari tengah, sering meneror pertahanan Singapura.

Peluang terbaik dibukukan Indonesia di menit 57, ketika Zahra Muzdalifah lolos dari perangkat offside dan mengirim umpan silang kepada Baiq Amiatun.

Hanya sekali lagi Baiq Amiatun gagal menambah pundi-pundi gol, karena sepakan pemain bernomor punggung 11 itu melambung.

Meski demikian, Indonesia berhasil mempertahankan keunggulan. Garuda Pertiwi lolos ke putaran final dengan poin 6.

Sebelummya dalam pertandingan pertama melawan Singapura, Indonesia juga menang 1-0 berkat gol tunggal Baiq Amiatun.

Singapura sendiri menjadi satu-satunya lawan Indonesia di grup C, menyusul pengunduran diri Korea Utara dan Irak.

Dengan lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 yang akan digelar di India, Timnas Wanita Indonesia juga berhasil mencetak sejarah.

Skuat asuhan Rudy Eka Priyambada ini berhasil membawa Indonesia mencapai putaran final lagi setelah 32 tahun, tepatnya sejak edisi 1989.

Total sepanjang sejarah, Indonesia pernah bermain di Piala Asia Wanita 1977, 1981, 1986 dan 1989.

Catatan terbaik Timnas Wanita Indonesia adalah menjadi semifinalis di Piala Asia 1977, serta partisipasi terakhir di edisi 1986.



Komentar
Banner
Banner