Pembagian Bansos

Siap-Siap, Bansos Beras Segera Dibagikan ke Warga Jakarta

Badan Pangan Nasional memastikan bantuan sosial beras akan didistribusikan serentak di seluruh DKI Jakarta pada Rabu, 5 April 2023.

Featured-Image
Beras 10 Kg yang dibagikan pemerintah pusat. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan bantuan sosial (bansos) beras didistribusikan serentak di seluruh DKI Jakarta mulai Rabu, 5 April 2023.

Bansos beras akan diberikan sebanyak 10 kilogram untuk 21,353 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Sebelumnya, bansos telah disalurkan di beberapa wilayah, yakni Papua dan Yogyakarta.

"Nanti bansos beras dibagikan serentak hari Rabu untuk seluruh Jakarta," ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi saat ditemui di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Senin, (3/4). 

Bansos beras akan diberikan secara langsung atau door to door ke alamat KPM oleh PT Pos Indonesia (Persero).

Data yang digunakan adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial. Namun, Suyamto menekankan penyaluran bansos ini perlu waktu. Hingga saat ini masih dilakukan secara bertahap. 

Baca Juga: Catat, Bansos Beras Cair Mulai Hari Ini!

Di tempat yang sama, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto menjelaskan total beras yang sudah disalurkan Bulog untuk program ini sebanyak 20 ton. 

"Ini masih disusun rencana penyaluran. Data BNBA (by name by address), kami koordinasikan juga dengan dinas," ucap Suyamto usai mendampingi Mendag saat sidak pangan di Rawamangun. 

Baca Juga: Kebijakan Impor Beras, Bapanas: Tidak Jatuhkan Harga di Tingkat Petani

Selain beras, pemerintah akan menyalurkan bantuan berupa ayam dan telur pada pekan kedua April 2023. Bantuan disalurkan pada 1,4 juta keluarga rawan stunting atau KRS.

Setiap keluarga nantinya akan mendapat 1 pak telur dan 1 kilogram ayam setiap bulan selama 3 bulan. Pembagian ayam dan telur ditugaskan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) holding pangan ID Food. 

"Ayam dan telur itu bukan bansos tetapi itu untuk program keluarga risiko stunting itu sekitar 1,4 juta," pungkas Arief.

Editor


Komentar
Banner
Banner