Borneo Hits

Si Epon Menjadi Maskot Pilkada Banjar 2024, Berikut Maknanya

Bernama Si Epon, kuliner kue Klepon khas Martapura menjadi maskot Pilkada 2024 Kabupaten Banjar.

Featured-Image
KPU Banjar menggelar peluncuran Pilkada 2024 yang ditandai dengan peletakan 'batu intan' di Hotel Treepark, Kertak Hanyar. Foto: bakabar.com/Hendra

bakabar.com, MARTAPURA - Tidak seperti kebanyakan daerah lain, maskot Pilkada Banjar 2024 terbilang unik. Bukan berbentuk binatang langka, tetapi berwujud kue kelepon.

Tidak mengherankan kalau kemudian maskot itu diberi nama Si Epon. Penampakan maskot berlatar kue khas di Martapura ini resmi terlihat dalam peluncuran Pilkada Banjar 2024 di Treepark Hotel, Kertak Hanyar, Sabtu (15/6) malam.

Si Epon sendiri adalah karya Rusman Effendi, pemenang sayembara maskot yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjar beberapa waktu lalu. Si Epon mengalahkan Si Manang milik Humaidi dan Si Atar karya Nur Laila Sopia.

"Maskot Si Epon dinilai yang terbaik dan merepresentasikan tujuan Pilkada 2024. Kelepon sendiri melambangkan kesederhanaan," papar M Nor Aripin, Ketua KPU Banjar. 

"Sedangkan warna hijau dari daun pandan melambangkan kesuburan dan kesejahteraan. Diharapkan pemimpin yang terpilih nanti dapat lebih menyuburkan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat," imbuhnya.

Kemudian filosofi lain dari kelepon adalah pelajaran moral. Faktanya ketika mengunyah kelepon, seseorang dianjurkan tidak membuka mulut hingga bahkan sambil bicara.

"Kalau mulut terbuka, hampir dipastikan gula aren cair di dalam kelepon akan muncrat keluar mulut. Filosofi yang dikandung adalah manusia diatur agar menjaga perktaan, tidak membuat hoaks, ujaran kebencian, kampanye hitam, hingga sara," tegas Aripin.

Baca Juga: Peluncuran Pilkada Batola 2024, KPU Ungkap Sosok Maskot Si Pikat

Baca Juga: KPU Banjarmasin Luncurkan Maskot Si Suban Pilkada 2024

Kemudian di atas kepala maskot Si Epon, terdapat Laung Banjar berwarna kuning yang melambangkan kebesaran dan kehormatan.

Sedangkan tangan kanan Si Epon memegang paku untuk mencoblos, serta jari kelingking berwarna ungu sebagai pertanda sudah mencoblos di TPS. Adapun di tangan kiri, Si Epon memegang jadwal pencloblosan Pilkada 2024 yang jatuh 27 November.

Tidak cukup di bagian atas, juga terdapat filosofi di celana Si Epon. Terlihat ornamen Pucuk Rabung yang biasa digunakan sebagai corak kain sasirangan.

"Itu merupakan simbol tolak bala. Artinya semua lapisan masyarakat berharap agar pelaksanaan Pilkada 2024 di Banjar berjalan lancar dan aman," tambah Aripin.

Tidak hanya maskot, KPU Banjar juga meluncurkan jingle. Peluncuran Pilkada Banjar 2024 semakin meraih, karena diikuti penyerahan hadiah dan sertifikat untuk pemenang sayembara, sekaligus penampilan penyanyi Ifan Seventeen.

Editor


Komentar
Banner
Banner