Pemkab Tabalong

Setelah Kampung Hortikultura, Pemkab Tabalong Bakal Canangkan Kampung Beras

Setelah mencanangkan kampung hortikultura pada tahun 2022 lalu, Pemkab Tabalong berencana mencanangkan kampung beras

Featured-Image
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani memukul gong saat meresmikan kampung hortikultura. Foto - Dokumen apahabar.com

bakabar.com, TANJUNG - Setelah mencanangkan kampung hortikultura pada tahun 2022 lalu, Pemkab Tabalong berencana mencanangkan kampung beras.

Diketahui, kampung hortikultura berada di lima desa pada dua kecamatan, yaitu Desa Catur Karya, Desa Kembang Kuning, Desa Lok Batu di Kecamatan Haruai dan Desa Masingai 1, Desa Masingai 2 di Kecamatan Upau.

Sementara untuk kampung beras rencananya dicanangkan tahun ini di Desa Nalui, Kecamatan Jaro.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong, H Mohamad Mugeni, mengatakan, dipilihnya desa tersebut  sebagai rencana kampung beras karena Desa Nalui menjadi pusat persawahan irigasi teknis di daerah ini.

"Di sana baik kelompok tani, kepala desa maupun masyarakatnya siap untuk untuk menjadi kampung beras, tinggal nanti persetujuan pak bupati saja," katanya, Selasa (31/1).

Di Tabalong sendiri memiliki 16.212 hektar lahan sawah yang terdiri dari irigasi seluas 1.912 hektar, tadah hujan 8.491 hektar, rawa atau lebak 6.684 hektar dan lahan tegalan/gunung 125 hektar.

"Lahan irigasi ini terletak di wilayah Kecamatan Jaro, di antaranya di Desa Nalui. Nantinya kampung beras ini memberikan harapan tersedianya berbagai macam jenis beras," jelas Mugeni.

Editor


Komentar
Banner
Banner