Kalsel

Sesekali Berkicau, ‘Hercules’ Merajai PDAM Cup

apahabar.com, MARABAHAN – Suasana Lapangan 5 Desember Marabahan yang biasanya lengang, mendadak diramaikan kicauan burung dari…

Featured-Image
Lomba burung berkicau di Lapangan 5 Desember Marabahan. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Suasana Lapangan 5 Desember Marabahan yang biasanya lengang, mendadak diramaikan kicauan burung dari perhelatan PDAM Barito Kuala Cup Kalimantan Selatan, Minggu (23/06/2019).

Tidak hanya berasal dari Kalsel, gacoan Kalimantan Tengah dan Timur juga ikut berlomba. Panitia pun berhasil melepas 644 tiket.

Baca Juga: Hari Terakhir SBMPTN, Calon Mahasiwa Masih Ramai ke ULM

Burung yang diturunkan pun tidak main-main, karena beberapa di antaranya pernah menjadi juara di level nasional.

Terdapat empat kelompok lomba yang menggunakan istilah kedaerahan seperti Ije Jela, Bakumpai, Bahalap dan Rumpiang.

Sedangkan jenis burung yang dilombakan di antararanya murai batu Borneo, cucak hijau, love bird, LB balibu, whan mei, branjangan dan pleci.

Khusus di kelas bergengsi murai batu, Hercules mendapan ponten paling tinggi. Dalam penilaian lomba burung berkicau, juri sendiri mempertimbangkan irama, lagu, volume, suara, fisik dan gaya.

Ini bukan gelar perdana untuk Hercules. Burung milik ZR SF Banjarmasin tersebut memang kerap menjadi jawara di berbagai lomba dalam dua tahun terakhir.

Sementara dari kategori lain, Coban Rondo dari Satria Muda BC Sampit, dinobatkan menjadi pemenang cucak hijau Ije Jela. Kemudian H2C milik Ketan Basi SF memenangi kategori kenari Bahalap, sedangkan kacer Bahalap dijuarai Golden dari Golden SF.

“Kami berharap lomba ini menghasilkan burung-burung berkualitas untuk mengikuti event nasional seperti Piala Raja yang berlangsung September 2019,” papar Dwi Yatino, ketua panitia pelaksana.

Selain memperoleh trofi dan piagam, juara masing-masing kelompok mendapatkan uang pembinaan. PDAM juga menyediakan doorprize berupa sepeda motor, sepeda dan peralatan elektronik lain.

Baca Juga: Menakar Peluang Menang Khairul Saleh di Pilgub 2020

Reporter: AHC13
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner