Nasional

Sesar Aktif Dasar Laut Picu Gempa di Seram Timur dan Fakfak  

apahabar.com, JAKARTA – Setelah menganalisis gempa bermagnitudo M=5,6 (sebelumnya M=5,8) yang terjadi di wilayah Seram Timur dan Fakfak,…

Featured-Image
Shakemap gempa M 5,6 di Seram bagian timur dan Fakfak, Minggu (16/2). Foto-BMKG

bakabar.com, JAKARTA-Setelah menganalisis gempa bermagnitudo M=5,6 (sebelumnya M=5,8) yang terjadi di wilayah Seram Timur dan Fakfak, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut dipicu sesar aktif di dasar laut.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas sesar aktif di dasar laut,” ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis, Minggu (16/2).

Baca Juga: Ini Cara WNI di Wuhan Bertahan dari Terserang Virus Corona

Gempa terjadi hari ini pukul 06.00 WIB dengan episenter gempa pada koordinat 3,37 lintang selatan (LS) dan 131,49 bujur timur (BT). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

“Hingga pagi ini pukul 07.16 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock),” kata Daryono.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat di daerah Bula, Seram bagian timur, dalam skala intensitas III MMI membuat warga terkejut dan sempat berhamburan berlari keluar rumah karena terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sementara itu di Sorong, warga juga terkejut dengan guncangan yang terjadi secara tiba-tiba mencapai skala intensitas II-III MMI.

Baca Juga: Pasien Corona asal China Meninggal di Eropa

Sumber: detik.com
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner