Tak Berkategori

Sering Banjir, Warga Desa Kaladan dan Mampari Minta Peninggian Siring Sungai

apahabar.com, PARINGIN – Di tengah hujan lebat yang melanda Kabupaten Balangan beberapa waktu lalu, menyebabkan air…

Featured-Image
Pintu air yang dianggap warga menghalangi aliran air di sungai Mampari. Foto-Istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Di tengah hujan lebat yang melanda Kabupaten Balangan beberapa waktu lalu, menyebabkan air sungai meluap.

Kondisi itu terjadi di RT 13 Kaladan, Kecamatan Paringin Selatan dan RT 04 Mampari, Kelurahan Batupiring, Kacamatan Batumandi.

Debit air sungai di Sungai Kaladan meluap dan mencapai permukaan ketika hujan dengan durasi yang cukup lama.

Kondisi luapan air sungai inilah yang sebelumnya menyebabkan sebagian halaman warga di Kaladan dan Mampari sempat terendam.

Pada sungai tersebut ada dua pintu air yang dimanfaatkan sebagai pengatur air sungai. Namun rupanya, fungsi pintu air tidak maksimal, dikarenakan penempatannya yang dianggap kurang tinggi.

Ketua RT 13, Kaladan, Arhadi pada bakabar.com memperlihatkan secara langsung kondisi pintu air yang dianggap tidak berfungsi maksimal. Rendahnya jangkauan pintu air tersebut malah menahan air yang menyebabkan semakin cepat luapan terjadi.

Rendahnya siring pada kawasan sungai yang dibuat oleh Pemerintah Daerah juga menjadi salah satu penyebab air masih meluap.

Padahal, kata Arhadi, apabila lebih tinggi, kemungkinan luapan air sungai ke permukiman penduduk menjadi lebih kecil.

“Kami hanya berharap pemerintah daerah meninggikan siring yang pernah dibuat dan membangun siring di bantaran sungai sebagai penahan air,” ucap Arhadi Minggu (21/11).

Diterangkan Arhadi pula, RT 13 wilayah Kaladan memang setiap tahun terdampak luapan air sungai.

“Beberapa waktu lalu, pernah ada program normalisasi sungai menggunakan sistem pengerukan, namun hal itu belum juga berfungsi. Luapan air masih terjadi. Kalau bisa, warga juga tidak ingin lagi ada pengerukan air sungai, karena berdampak pada sulitnya pengairan sawah dan lahan warga,” ungkapnya.

Sementara itu, Gitir warga Mampari RT 04, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan juga mengatakan keinginan yang sama dengan Arhadi, yakni meminta siring sungai ditinggikan.

“Semoga pemerintah bisa mengatasi masalah air sungai yang meluap ke halaman rumah warga ketika hujan deras, misalnya meninggikan siring di sungai,” harapnya.

img



Komentar
Banner
Banner