News

Seleksi CPNS 2024 Dibuka 20 Agustus, Simak Jadwal dan Syarat Pendaftaran

Seleksi CASN ini dikhususkan hanya untuk penerimaan CPNS. Sebanyak 1,6 juta honorer yang masuk database akan langsung diserap sebagai PPPK.

Featured-Image
PELAKSANAAN seleksi Calon Aparatur Sipil Negara.(foto: menpan.go.id/Ilustrasi)

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah resmi membuka seleksi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada 20 Agustus 2024. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, seleksi CASN ini dikhususkan hanya untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Jadi yang sekarang, yang Agustus ini, fokus ke CPNS, kita beresin ke CPNS," kata Anas kepada wartawan di Jakarta, yang dikutip pada Kamis (15/8/2024).

Menurut dia, total formasi yang dibutuhkan untuk CPNS itu sebanyak 600 ribu orang, dan 5%nya dikhususkan untuk rekrutmen CPNS yang akan ditugaskan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Rekrutmen CPNS uuntuk IKN ini dikhususkan bagi para pelamar dari kawasan Kalimantan.

Namun, ia memperkirakan, untuk formasi yang direkrut secara keseluruhan hanya akan mencapai 400 ribu orang. Ini disebabkan formasi yang diajukan kementerian atau lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda) masih ada yang terkait dengan kebutuhan tugas administratif.

"Kami tidak bisa penuhi, kami coret. Contoh formasi teknis administratif ini akan terdisrupsi oleh teknologi, maka itu tidak boleh dibuka formasinya, kecuali formasi-formasi tertentu," tutur Annas.

"Jadi ada formasi kurang lebih 600 ribu fresh graduate, tapi ternyata mungkin 600 ribu ini tidak terpenuhi, tidak sampai 400 ribu formasi," imbuhnya.

Adapun untuk formasi CASN lainnya, yakni Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), menurut Anas, masih akan difokuskan untuk para honorer yang jumlahnya terdata di database Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak 1,6 juta orang. Para honorer itu, imbuh dia, akan langsung diserap sebagai CASN dengan skema penentuan apakah masuk ke dalam formasi PPPK Penuh Waktu atau PPPK Paruh Waktu.

"Sehingga mereka yang sudah terdaftar di PPPK otomatis, yang terdaftar sebagai honorer cukup lama selama ini yang masuk di database BKN, pasti mereka akan diangkat jadi PPPK. Berarti kalau penuh waktu atau paruh waktu tergantung kemampuan keuangan pemda dan K/L," ujarnya.
Jadwal lengkap tahapan seleksi CPNS 2024 ini tertuang dalam Surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024. Berdasarkan surat tersebut tahapan seleksi akan berlangsung 20 Agustus hingga Maret 2025.

HALAMAN
12345
Editor


Komentar
Banner
Banner