Hot Borneo

Selamatkan Terumbu Karang, Lanal Kotabaru Terjunkan Penyelam

apahabar.com, KOTABARU – Pangkalan angkatan laut (Lanal) Kotabaru menerjunkan penyelam dalam rangka transplantasi terumbu karang bawah…

Featured-Image
Penyelam diterjunkan Lanal Kotabaru untuk melestarikan terumbu karang di laut. Foto: Yusuf for apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU – Pangkalan angkatan laut (Lanal) Kotabaru menerjunkan penyelam dalam rangka transplantasi terumbu karang bawah laut.

Penyelaman itu berlangsung di perairan kawasan PT Arutmin Indonesia, sekaligus untuk merehabilitasi terumbu karang yang dinilai makin terdegradasi atau mengalami kerusakan.

Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Edi Setyawan, melalui Palaksa Lanal Mayor Laut (T) Ahmad Fandoli, mengatakan diterjunkannya penyelam dalam rangka Hari Segitiga Terumbu Karang Dunia 2022.

“Jadi, kegiatan penyelam kita di bawah laut itu mencangkok terumbu karang hidup lalu ditanam di tempat lain untuk karang yang mengalami kerusakan, agar tercipta habitat yang baru,” ujar Mayor Fandoli, Jumat (10/6).

Mayor Fandoli bilang, Lanal Kotabaru akan terus mendukung pengembangan destinasi wisata, termasuk sektor wisata bahari di Kotabaru.

Upaya melestarikan, dan menjaga terumbu karang agar tetap hidup di habitatnya pun menjadi bagian dari tujuan utama penyelaman laut.

“Kita semua harus bersama-sama memelihara dan menjaga laut ini. Sebab, laut kita ini cukup berpotensi dijadikan sebagai destinasi wisata bahari, dan wisata selam,” pungkasnya.

Sebelumnya, perihal dukungan pengembangan beragam destinasi wisata, termasuk wisata bahari Kotabaru didorong langsing oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Menteri Sandi, sendiri menilai Kotabaru memiliki beragam wisata yang cukup berpotensi, dan dipastikan mampu mendatangkan wisatawan.

“Wisata Kotabaru ini nanti pasti akan booming. Apalagi dengan wisata bahari yang dimiliki,” ujar Menteri Sandi, di Kotabaru baru tadi.

Sementara, penyelaman ini, Lanal Kotabaru juga menggandeng pihak Arutmin, serta kelompok pemuda sahabat laut asal Desa Sarang Tiung.

Komentar
Banner
Banner