Pemkab Tanah Laut

Sekda Tanah Laut Launching Kopiah Kondang di MAN IC

Sebagai upaya memperkenalkan produk lokal, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Kabupaten Tanah Laut, mengeluarkan kebijakan penggunaan kopiah tuntung

Featured-Image
Sekda Kabupaten Tanah Laut Dahnial Kifli saat memasang Kopiah Tuntung Pandang kepada guru-guru di MAN IC Tanah Laut. Foto-apahabar.com/Muhammad Chandra

apahabar com, PELAIHARI - Sebagai upaya memperkenalkan produk lokal, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Kabupaten Tanah Laut, mengeluarkan kebijakan penggunaan kopiah tuntung pandang (Kondang) di lingkungan sekolah.

Launching penggunaan Kondang itu dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Laut H Dahnial Kifli, di Halaman MAN IC, Senin (10/10). 

Sekda Dahnial saat membacakan sambutan Bupati Sukamta, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada MAN IC Tanah Laut, karena kebijakan penggunaan kopiah khas daerah ini, yaitu Kondang kepada guru, tenaga kependidikan dan siswa MAN IC. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas penggunaan Kondang kepada seluruh guru, tenaga kependidikan, dan siswa MAN IC Tanah Laut," ujarnya. 

Menurutnya Kondang Tanah Laut pada proses penentuan desainnya telah melalui tahapan diskusi panjang dengan berbagai pihak sehingga mempunyai nilai yang menggambarkan kondisi daerah setempat dan masyarakatnya.

Ia berharap dengan diluncurkannya Kondang Tanah Laut sejak akhir 2021 lalu, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat terlebih kepada para industri kecil dan menengah (IKM). 

"Kondang kita harapkan dapat mendatangkan berkah kepada masyarakat, terlebih kepada para pengrajinnya sehingga IKM Kondang di Tanah Laut semakin berkembang," katanya. 

Maka dengan perkembangan tadi sambung Sekda Dahnial dapat meningkatkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di Bumi Tuntung Pandang.

Sekda Dahnial juga menyampaikan rasa bangga kepada MAN IC Tanah Laut karena telah mengukir prestasi di tingkat nasional bahkan internasional.

"Kami Pemerintah Kabupaten Tanah Laut turut bangga atas pencapaian-pencapaian yang telah ditorehkan oleh MAN IC Tanah Laut," ucapnya.

Seperti diketahui Oktober 2022 ini MAN IC Tanah Laut telah menorehkan beberapa prestasi di antaranya terbaik satu sebagai Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Paripurna tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2022,.

Kemudian juara satu  pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten Tanah Laut. Selain itu, siswa MAN IC Tanah Laut juga meraih medali perunggu pada Hong Kong International Mathematical Olympiade (HKIMO) dan medali perunggu bidang astronomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional 2022. 

Editor


Komentar
Banner
Banner