Pemkab Kotabaru

Sekda Kotabaru Apresiasi Program Pemagangan Indocement

apahabar.com, KOTABARU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru Said Akhmad mengapresiasi program pemagangan yang diberikan oleh PT…

Featured-Image
Sekda Kotabaru Said Akhmad saat menghadiri program pemagangan PT Indocement. Foto: Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru Said Akhmad mengapresiasi program pemagangan yang diberikan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP).

Apresiasi itu disampaikan Said, setelah 13 orang yang berasal Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru mengikuti pemagangan atas program Indocement.

Menurut Sekda, program pemagangan Indocement bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi UPTD Balai Latihan Kerja Kotabaru salah satu alternatif dan solusi untuk peningkatan keterampilan serta kompetensi para pencari kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Sebab, sejauh ini sambangnya, problem yang dihadapi para pencari kerja adalah keterbasan lapangan kerja, serta minimnya keterampilan dan keahlian yang dimiliki.

“Jadi, atas nama pemerintah daerah, saya ucapkan terima kasih kepada Indocement yang merupakan pilot projek program ini,” ujar Said.

“Saya juga berharap program seperti ini dapat berkelanjutan, dan dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain di Kotabaru,” pintanya.

Selain itu, juga meminta Disnakertrans Kotabaru selalu berkoordinasi dengan pihak perusahaan yang ada di Kotabaru untuk memanfaatkan peluang dan kesempatan pemagangan berdasarkan peraturan Menteri Keuangan.

Plt Kepala Disnakertrans Kotabaru, Khairil Fajri, menerangkan program pemagangan Indocement Tunggal Prakarsa akan berjalan selama enam bulan, dengan pola 25 persen teori di kelas dan 75 persen praktek di workshop kejuruan masing-masing.

“Untuk Materi pemagangannya akan disesuaikan dengan kompetensi kerja masing-masing yang diberikan instruktur perusahaan,” terang Fajri.

Sementara, Direktur SDM PT Indocement Tunggal Prakarsa, Antonius Marcos, melalui virtual mengatakan, program pemagangan merupakan program kerjasama pertama kali yang dilakukan oleh pihak Indocement dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi UPTD Balai Latihan Kerja Kotabaru.

Menurutnya, program pemagangan sebagai salah satu upaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, serta berdaya saing, dan menjadi salah satu faktor penting mendukung perekonomian khususnya di Kotabaru, Kalsel.

“Indocement merupakan perusahaan pertama di wilayah Kalimantan Selatan, khususnya Kotabaru yang melakukan program pemagangan. Ini merupakan bentuk tanggung jawab kami untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil, dan profesional,” tandasnya.

Komentar
Banner
Banner