Peristiwa & Hukum

Sehari 8 Karhutla di Banjar, Gambut Mendominasi hingga Ancam Permukiman

Setidaknya delapan lokasi karhutla terjadi di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang terjadi siang sampai sore ini, Senin (2/10).

Featured-Image
Petugas dan relawan memadamkan karhutla di Jalan Pemajatan Km 2 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Senin (2/10). Foto-DPKP Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Setidaknya delapan lokasi karhutla terjadi di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang terjadi Senin (2/10) hari ini.

Mengutip data BPBD Kabupaten Banjar, enam dari delapan karhutla yang ditangani pihaknya berada di wilayah Kecamatan Gambut.

Yaitu di Jalan Gubernur Syarkawi dekat RSJ Sambang Lihum, kemudian di Jalan Gubernur Soebardjo, Jalan Pemajatan Km 2 Kompleks Dinar Mas 3, Desa Karang Ayar, dekat bundaran Pal 17 Gambut, dan dekat PT Pamapersada Nusantara, Gambut.

Selain di Gambut, seperti di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat dan di Jalan Murai Desa Cindai Alus Martapura. Perkiraan keseluruhan sekitar 5 hektare lebih lahan terbakar.

Kepala Pelaksana BPBD Banjar, luasan lahan yang terbakar akibat karhutla sudah ratusan hektare sejak Mei hingga 1 Oktober 2023.

"Total sudah 636,46 hektare lahan sudah terbakar. Paling banyak di bulan September tadi mencapai 342,57 hektare," ungkap Warsita.

Terpisah, Kasi Pemadaman Penyelamatan dan Evakuasi DPKP Banjar, Gusti Yudhi menambahkan karhutlah hari ini kembali mengancam permukiman penduduk.

Termasuk yang lahan dekat Kompleks Dinar Mas 3 Gambut yang bahkan nyaris membakar tali listrik PLN.

"Karhutla yang mendekati permukiman warga berhasil ditangani petugas dan relawan gabungan di lapangan. Untuk kabel listrik juga langsung ditangani pihak PLN," kata Yudhi.

Sebelumnya, pada Minggu (1/10), rumah Salasih (60) di Jalan Pematang Panjang Gang Rahmat RT 5 Kecamatan Gambut ludes terbakar akibat karhutla.

Juga pada Selasa (26/9), dua rumah warga ludes di Jalan Baypass Mataraman-Sungai Ulin Desa Danau Salak Kecamatan Astambul, akibat karhutla.

Baca Juga: Detik-detik Rumah Ambruk di Kompleks Pondok Rumbia Gambut

Editor


Komentar
Banner
Banner