News

Segera Dilantik Presiden Jokowi, Kepala Otorita IKN Bisa Langsung Tancap Gas

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melantik Kepala dan Wakil Otorita Ibu Kota Nusantara…

Featured-Image
Presiden Jokowi. Foto-Setpres

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melantik Kepala dan Wakil Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) periode 2022-2027.

Pelantikan akan digelar hari ini pada pukul 15.00 WIB di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong mengemukakan kepala dan wakil kepala badan tersebut nantinya akan langsung terlibat dalam finalisasi aturan pelaksana Otorita IKN.

“Jadi kalau sudah dilantik, nanti dia bisa terlibat untuk finalisasi Perpres Otorita IKN, sambil berkoordinasi dengan kementerian teknis,” kata Wandy, dikutip dari CNBCIndonesia, Kamis (10/3/2022).

“[Misalnya] seperti PUPR yang pada fase pertama akan terlibat langsung dalam pembangunan proyek fisik di IKN,” jelasnya.

Wandy mengatakan Perpres Otorita IKN nantinya akan mengatur terkait dengan struktur dan kewenangan otorita IKN. Hingga saat ini, sambung Wandy, aturan turunan tersebut masih digodok bersama.

Kendati Perpres belum terbit, Wandy memastikan kepala dan wakil kepala IKN bisa tetap tancap gas untuk merumuskan berbagai langkah dan konsep pembangunan di lokasi IKN yang terletak di Kalimantan Timur.

“Kalau beroperasi, begitu keluar Perpres tentang Otorita IKN juga bisa beroperasi, dengan melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga lain misalnya. Tapi untuk mengisi seluruh struktur Otorita IKN tentu akan butuh waktu beberapa bulan,” jelasnya.

Wandy mengakui proses pendirian lembaga baru terutama setingkat kementerian akan memerlukan tahapan dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, Wandy meyakini proses transisinya tidak akan memakan waktu lama.

“Pengalaman kami di KSP untuk mengisi seluruh posisi bisa lebih dari setahun. Tapi sejak awal pun KSP sudah bisa beroperasi,” jelasnya.



Komentar
Banner
Banner