Tak Berkategori

Sean Gelael Dapat Kado Natal Mobil Formula 1 Scuderia Alpha Tauri

apahabar.com, JAKARTA – Hadiah Natal istimewa diperoleh Sean Gelael. Pebalap Indonesia ini layak disebut real sultan,…

Featured-Image
Sean Gelael mendapatkan hadiah Natal istimewa dari Scuderia Alpha Tauri. Foto: Instagram

bakabar.com, JAKARTA – Hadiah Natal istimewa diperoleh Sean Gelael. Pebalap Indonesia ini layak disebut real sultan, karena mendapatkan kado mobil Formula 1.

Hadiah tidak biasa tersebut diberikan Scuderia Alpha Tauri yang merupakan tim satelit Red Bull Racing di Formula 1.

Melalui akun Instagram pribadi, Senin (20/12) malam, putra dari pengusaha Riccardo Geael ini mengunggah tiga foto mobil Formula 1 yang menjadi kado Natal.

“Natal datang lebih cepat! Terima kasih Santa Franz dan @alphataurif1” tulis Sean Gelael dalam keterangan unggahan.

Mobil tersebut tampaknya memang disiapkan khusus untuk Sean Gelael. Terlihat tulisan ‘For my friend Ricardo dan Sean’ lengkap dengan tanda tangan Prinsipal AlphaTauri, Franz Tost, di bagian moncong.

Sontak unggahan Sean Gelael mendapatkan banyak perhatian warganet, termasuk Pierre Gasly yang notabene pebalap Alpha Tauri.

“Gak bisa berhenti senyum,” tambah Sean Gelael ketika membalas komentar salah seorang warganet.

Melakoni debut di musim 2020, Alpha Tauri merupakan tim pengganti Toro Rosso. Mereka menempati peringkat keenam klasemen konstruktor F1 2021 dengan 142 poin.

Harga Ratusan Miliar

Namun Sean Gelael tidak merinci spesifikasi mobil hadiah tersebut. Andai menggunakan spesifikasi balap, mobil ini bernilai ratusan miliar.

Dilansir dari Caruser, pembuatan mesin F1 saja dapat menelan ongkos sekitar 8 hingga 10 juta dolar atau setara Rp116 hingga Rp145 miliar.

Andai digunakan untuk membeli mobil massal, biaya membangun mesin F1 setara 218 hingga 273 unit Toyota Fortuner VRZ Diesel TRD Sportivo yang berbanderol sekitar Rp530 juta per unit.

Kemudian girboks transmisi yang terbuat dari bahan titanum karbon, diproduksi dengan biaya 450 ribu hingga 610 ribu dolar atau sekitar Rp6,53 miliar hingga Rp8,85 miliar.

Masuk ke bagian struktur rangka atau sasis yang juga mengguna bahan karbon, dibutuhkan biaya 650 ribu dolar atau sekitar Rp9,43 miliar.

Selanjutnya sayap belakang yang berfungsi menjaga kestabilan, meningkatkan grip roda belakang dan mereduksi hambatan udara dengan Drag Reduction System (DRS), menghabiskan biaya 150 ribu dolar atau setara Rp2,18 miliar.

Part lain juga tidak murah. Mulai dari sayap dan moncong depan seharga Rp4,35 miliar, sistem hidrolik Rp2,9 miliar, sistem pendingin Rp3,19 miliar, setir Rp1,02 miliar, tangki bahan bakar Rp2,03 miliar hingga ban Rp100 juta.

Dengan demikian, total biaya untuk menyediakan satu unit mobil Formula 1 diperkirakan sebesar 15,52 juta dolar atau sekitar Rp225 miliar.



Komentar
Banner
Banner