News

Satpolairud Polresta Banjarmasin Larang Kapal Overload Saat Arus Mudik Lebaran

Sarpolairud Polresta Banjarmasin melarang kapal dermaga penyeberangan overload atau melebihi muatan penumpang saat arus mudik Lebaran.

Featured-Image
Satpolairud Polrest Banjarmasin mencek keamanan penumpang di arus mudik Lebaran 2024. Foto: Antara

bakabar.com, BANJARMASIN - Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Sarpolairud) Polresta Banjarmasin melarang kapal dermaga penyeberangan overload atau melebihi muatan penumpang saat arus mudik Lebaran 1445 Hijriah.

“Untuk keselamatan penumpang, jangan coba-coba menaikkan penumpang melebihi muatan tanpa ada izin keselamatan,” kata Kasat Polairud Polresta Banjarmasin AKP Dading Kalbu Adie usai memeriksa sejumlah alat keselamatan kapal di Dermaga Ferry Penyeberangan Banjarmasin, Senin.

Ia menyebutkan peraturan untuk faktor keselamatan adalah hal utama dan wajib dipatuhi, transportasi yang aman dan nyaman sudah pasti menjadi persyaratan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

“Kepada masyarakat yang mudik agar tidak membawa barang berlebihan dan tidak menggunakan barang berharga seperti perhiasan selama di perjalanan,” ujarnya.

Melansir Antara, Sat Polairud Polresta Banjarmasin bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin melakukan sejumlah langkah pengamanan dan keselamatan bagi masyarakat yang akan mudik menggunakan transportasi jalur perairan.

Dading mengatakan petugas gabungan memeriksa sejumlah alat keselamatan berlayar seperti baju pelampung penumpang, alat pemadam kebakaran, dan pemeriksaan fisik kelayakan kapal meliputi meliputi dokumen hingga nakhoda kapal.

Selain itu, petugas juga memasang spanduk imbauan keselamatan di sejumlah titik pelabuhan penyeberangan, antara lain yakni Dermaga Banjar Raya Sungai Lauk, Dermaga Banjar Raya Sakajang, Dermaga Alalak Soebarjo Jelapat, dan Dermaga Mantuil Tamban.

“Pemeriksaan keselamatan kapal ini sebagai persiapan awal untuk menghadapi arus mudik maupun arus balik pada Idul Fitri 1445 Hijriah,” ujar Dading. 

Editor
Komentar
Banner
Banner