Nasional

Satgas Minta Gubernur Pastikan Stok Vaksin Covid-19

apahabar.com, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta seluruh gubernur untuk memastikan ketersediaan…

Featured-Image
Ilustrasi vaksin. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta seluruh gubernur untuk memastikan ketersediaan stok vaksin di daerah masing-masing. Hal itu dinilai perlu guna mengantisipasi ketimpangan distribusi vaksin secara nasional.

“Gubernur pun diharapkan mampu menjadi perpanjangan tangan pimpinan daerah wilayah administratif di bawahnya, untuk memastikan kebutuhan dosis vaksin di daerahnya,” kata Wiku dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (10/9).

Wiku menegaskan saat ini pemerintah terus memperbanyak stok vaksin untuk memenuhi kebutuhan melalui berbagai skema. Pernyataan tersebut sekaligus sebagai respons terkait distribusi vaksin yang disebut belum merata di sejumlah daerah, terlebih apabila dibandingkan dengan DKI Jakarta.

Menurutnya, perlu ada upaya proaktif antara pemerintah pusat dan daerah untuk menjamin ketercukupan stok vaksin, khususnya di tingkat kabupaten dan kota.

Untuk itu, Wiku berharap para bupati dan wali kota agar aktif berkoordinasi dengan gubernur setempat selaku penerima vaksin pertama yang dikirimkan dari pusat.

“Hal ini juga akan menjadi input berarti bagi Kementerian Kesehatan termasuk perbaikan mekanisme distribusi dan logistik untuk segera ditindak lanjuti,” kata Wiku.

Pada Rabu (8/9), Indonesia menerima 500 ribu vaksin AstraZeneca melalui skema bilateral dengan pemerintah Australia. Dengan kedatangan vaksin itu, Indonesia telah menerima total 225,9 juta dosis vaksin dari berbagai merk, baik yang masih dalam bentuk curah (bulk) maupun vaksin jadi.



Komentar
Banner
Banner