Pemkab Barito Kuala

Sanggar Anum Banua Etnika Berjaya di Batola Serumpun Festival 2024

Mengusung tema religius, Sanggar Anum Banua Etnika Universitas PGRI Kalimantan berhasil meraih sederet prestasi di Festival Tari Serumpun Melayu Pesisir VI, Min

Featured-Image
Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, menyerahkan trofi dan piagam kepada perwakilan Sanggar Anum Banua Etnika yang meraih penata tari terbaik Festival Tari Serumpun Melayu Pesisir VI, Minggu (23/6). Foto: Dokpim Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Mengusung tema religius, Sanggar Anum Banua Etnika Universitas PGRI Kalimantan berhasil meraih sederet prestasi di Festival Tari Serumpun Melayu Pesisir VI, Minggu (23/6).

Diselenggarakan dalam rangkaian Barito Kuala (Batola) Serumpun Festival 2024 di Lapangan 5 Desember Marabahan, Anum Banua Etnika berhasil menjuarai kategori penyaji, penata tari dan penata musik terbaik.

Adapun Anum Banua Etnika membawakan tarian berjudul Tulak Mangaji yang menceritakan nilai religius masyarakat Kalimantan Selatan.

Dalam tarian dikisahkan tentang anak-anak yang dibiasakan orang tua mereka ke tempat ibadah untuk belajar membaca Al-Qur'an.

Bahkan sekalipun harus menyeberangi sungai hingga pakaian basah kuyup, perintah orang tua itu tetap dikerjakan dengan penuh semangat.

Keberhasilan di Batola Serumpun Festival 2024 sekaligus membayar kekecewaan Anum Banua Etnika di edisi sebelumnya.

Diketahui penyaji terbaik Batola Serumpun Festival 2022 itu hanya menempati peringkat kedua di belakang Sanggar Karamunting dari Hulu Sungai Selatan.

"Alhamdulillah pelaksanaan Batola Serumpun Festival 2024 berlangsung lancar. Semoga seluruh peserta dan penonton dapat menikmati seluruh rangkaian kegiatan," ungkap Penjabat Bupati Mujiyat.

"Kami juga berharap para seniman dan pecinta seni budaya tetap berkarya, berkreasi, dan berinovasi. Jangan sampai seni dan budaya sendiri hilang akibat dominasi budaya dan kesenian asing," tegasnya.

Selain tari-tarian, Batola Serumpun Festival 2024 juga disemarakkan festival kuliner dan purun fashion carnaval yang dilangsungkan sejak 21 Juni.

Berikut daftar lengkap pemenang Festival Tari Serumpun Melayu Pesisir VI BKSF 2024:

1. Penyaji Terbaik Pertama: Sanggar Anum Banua Etnika Universitas PGRI (Kalsel)
2. ⁠Penyaji Terbaik Kedua : Sanggar Idaman Banjarbaru (Kalsel)
3. ⁠Penyaji Terbaik Ketiga: Lembaga Poskolabastari Hulu Sungai Selatan (Kalsel)
4. ⁠Penyaji Terbaik Keempat: Sanggar Malangkah Barazaki Kapuas (Kalteng)
5. ⁠Penyaji Terbaik Kelima: Sanggar Ayu Putri Banjarmasin (Kalsel)
6. ⁠Penyaji Terbaik Keenam: Sanggar Intan Manuah Palangka Raya (Kalteng)
⁠Penata Tari Terbaik : Intan Nurani Rohima dan Fikri Azhari (Sanggar Anum Banua Etnika)
⁠Penata Musik Terbaik : Nada Banua Etnika (Sanggar Anum Banua Etnika)
⁠Penata Rias dan Busana Terbaik : Sanggar Balangkah Barazaki Kapuas (Kalteng)

Editor


Komentar
Banner
Banner