Ponsel Samsung Terbaru

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5, Ini Spesifikasi dan Harganya

Dalam cara Galaxy Unpacked, Samsung merilis secara global ponsel layar lipat generasi kelima yaitu Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5.

Featured-Image
Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 dirilis secara global. Foto: dok. Samsung

bakabar.com, JAKARTA - Dalam acara Galaxy Unpacked di Korea Selatan, Rabu (26/7), Samsung merilis secara global ponsel layar lipat generasi kelima yaitu Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5.

"Samsung terus merevolusi industri perangkat mobile dengan foldable yang menetapkan standar baru dan konsisten meningkatkan pengalaman pengguna,” kata President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics TM Roh dikutip Kamis (27/7).

Untuk ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 memiliki desain clamshell vertikal yang dipadukan layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi FHD+ dan adaptive refresh rate 120Hz.

Selain itu, ponsel lipat milik Samsung ini juga memiliki layar sekunder AMOLED seluas 3,4 inci kecerahan 1.600 nit dan refresh 60Hz.

Baca Juga: Samsung S21 FE Rilis Pembaruan Juli 2023, Hadirkan Pengamanan Mumpuni

Layar keduanya memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti mengambil foto selfie, membalas pesan, melihat notifikasi, mengontrol musik, mengakses Samsung Wallet, dan pengaturan cepat tanpa harus membuka layar utama.

Ditambah juga penyematan engsel baru yang membuat ponsel ini dapat dilipat rata tanpa ada celah sehingga tidak ada debu atau air yang masuk.

Selain itu, Samsung Galaxy Z Flip 5 menggunakan mekanisme ini memiliki sertifikasi IPX8 untuk tahan air dan debu serta dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2.

Berbicara kamera, Galaxy Z Flip 5 dilengkapi dengan kamera belakang ganda, termasuk sensor 12MP dengan OIS dan lensa ultra-wide-angle 12MP.

Baca Juga: Samsung Galaxy S24 Ultra Dirumorkan Terapkan Fast Charging 65 Watt

Kualitas untuk selfie, terdapat kamera depan 10MP, termasuk pelengkap speaker stereo ganda yang ditingkatkan oleh Dolby Atmos.

Jantung pacunya diotaki prosesor Snapdragon 8 Gen 2 dengan kecepatan 3,36GHz, Samsung Galaxy Z Flip 5 menyediakan RAM hingga 8GB dan pilihan penyimpanan internal 256GB dan 512GB.

Gawai ini menggunakan baterai 3.700mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W dan pengisian nirkabel. Perangkat ini berjalan di antarmuka Samsung UI berbasis Android 13.

Terkait konektivitas pada Samsung Galaxy Z Flip 5 mencakup port USB-C, WiFi-6E, Bluetooth 5.3, NFC, 5G, dan 4G.

Baca Juga: Samsung Galaxy A04s Hadir dengan Memori 128GB, Sebegini Harganya

Ponsel ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu Mint, Graphite, Cream, dan Lavender. Pemesanan ponsel lipat ini sudah bisa dilakukan dan penjualan resmi akan dimulai pada 11 Agustus dengan harga mulai dari 999 dollar AS atau sekitar Rp15 juta.

Sementara itu, Samsung Galaxy Z Fold 5 hadir dengan beberapa peningkatan dibanding generasi pendahulunya, Galaxy Z Fold 4, termasuk engsel baru yang memungkinkan lipatan ponsel menjadi lebih rapat.

Galaxy Z Fold 5 memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, termasuk modul kamera belakang dan perlindungan dari air dan debu yang sama (IPX8).

Yang membedakan adalah engsel baru yang memungkinkan ponsel tertutup rapat dan dapat digunakan pada berbagai sudut.

Baca Juga: Samsung Galaxy S21 FE Kini Hadir dengan Chipset Snapdragon 888

Ponsel ini juga lebih tipis dan ringan dibandingkan Galaxy Z Fold 4. Ketebalan Z Fold 5 adalah 13,4 mm ketika tertutup, sedangkan Fold 4 memiliki ketebalan 14,2 mm.

Selain itu, ponsel ini juga lebih ringan 10 gram dibandingkan Z Fold 4 yang memiliki berat 263 gram.

Tampilan layar pada Galaxy Z Fold 5 tidak mengalami perubahan besar. Layar luar memiliki ukuran 6,2 inci dengan resolusi 2316x904px dan adaptive refresh rate 120Hz.

Di dalam, terdapat layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci dengan resolusi 2176x1812px dan refresh rate yang sama.

Baca Juga: Samsung Galaxy M34 5G Janjikan Update OS Panjang, Sebegini Harganya

Galaxy Z Fold 5 didukung oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang digenamkan juga pada seri S23, serta dengan RAM 12 GB dan pilihan penyimpanan 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Sektor kamera Galaxy Z Fold 5 tetap sama dengan model sebelumnya.Di bagian belakang terdapat kamera utama 50 MP, sensor wide-angle 50 MP, dan kamera zoom 10 MP.

Sementara pada layar cover terdapat kamera selfie 10 MP, dan di bawah layar di bagian dalam terdapat kamera tersembunyi dengan resolusi 4 MP.

Baca Juga: TECNO Siap Rilis Ponsel POVA 5 Series 5G Kolaborasi dengan Free Fire

Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 4.400mAh dan mendukung pengisian daya kabel 25W serta nirkabel 15W.

Menawarkan sejumlah fitur baru seperti taskbar yang didesain ulang, fitur drag-and-drop dua tangan, serta S Pen yang lebih ramping dari sebelumnya.

Ponsel pintar ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Icy Blue, Phantom Black, dan Cream dengan harga mulai dari 1.799 dollar AS atau sekira Rp27 juta dan mulai dikirim pada 11 Agustus 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner