Sensor Samsung Terbaru

Samsung Rilis 2 Sensor Baru untuk Robotic dan Virtual Reality

Samsung mengenalkan dua sensor terbaru yaitu ISOCELL Vizion 63D dan ISOCELL Vizion 931, untuk perangkat augmented reality/virtual reality (AR/VR).

Featured-Image
Samsung rilis dua sensor baru untuk robotic dan virtual reality. Foto: dok. Samsung

bakabar.com, JAKARTA - Samsung mengenalkan dua sensor terbaru yaitu ISOCELL Vizion 63D dan ISOCELL Vizion 931, untuk perangkat augmented reality/virtual reality (AR/VR).

Melansir siaran resmi Samsung pada Selasa (19/12), kedua sensor tersebut tidak hanya dapat digunakan pada headset

Tetapi, juga ponsel pintar, jika gawai tersebut dirancang untuk menghadirkan pengalaman realitas campuran kepada penggunanya.

Setiap sensornya memiliki kemampuan unik meningkatkan pengalaman virtual dan augmented serta mengatasi masalah dalam menangkap gambar dan data kedalaman.

Baca Juga: Top 3 Tekno: TikTok Shop Kembali, Samsung Galaxy S25, dan Vivo S18 Series

Untuk sensor Samsung ISOCELL Vizion 63D dirancang sebagai sensor 3D ToF (Time-of-Flight) dengan ukuran sensor 1/6,4 inci dan piksel 3,5 mikrometer yang mengukur kedalaman dan jarak dengan presisi tinggi.

Sensor itu dapat menangkap gambar QVGA (320×240) pada 30fps dan video VGA (640×480).

Samsung mengklaim sensor barunya menjadi yang pertama yang dilengkapi Image Signal Processor (ISP) penginderaan kedalaman terintegrasi.

Selain itu juga dapat menghilangkan kebutuhan chip lainnya yang terpisah dan mengurangi konsumsi daya sebesar 40 persen dibandingkan model sebelumnya.

Baca Juga: Bikin Sebel HP Samsung Galaxy S21 dan S22 Ada Green Line, Solusinya Begini

Sensor ISOCELL Vizion juga menawarkan penyerapan cahaya yang tinggi dan kebisingan yang rendah berkat backside scattering technology.

Sementara itu, ISOCELL Vizion 931 hadir khusus untuk sensor shutter image yang diklaim dapat mengurangi kekaburan gerakan sehingga lebih halus saat dipandang.

Sensor tersebut menawarkan resolusi 640×640 dan ideal untuk aplikasi seperti pengenalan iris mata, pelacakan mata, dan deteksi wajah/gerakan pada headset XR.

Baca Juga: Komparasi Samsung Galaxy S24 dan S23, Bedah Spek hingga Harganya

ISOCELL Vizion 931 juga menawarkan tampilan gambar yang lebih tajam dan dapat menghubungkan empat kamera menggunakan satu kabel, menyederhanakan desain sirkuit dan menghemat ruang.

Saat ini kedua sensor tersebut tengah diuji oleh produsen perangkat dan diharapkan dapat digunakan pada headset realitas campuran Samsung yang akan datang dan perangkat AR/VR lainnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner