Tak Berkategori

Sampah Pascabanjir Membludak, DLH Banjarmasin Kewalahan

apahabar.com, BANJARMASIN – Sampah pascabanjir masih mengotori keindahan Banjarmasin, Selasa (26/1). Salah satunya di sekitar Jalan…

Featured-Image
Petugas berjibaku membersihkan sampah yang membeludak di TPS Jalan Veteran Banjarmasin, Selasa (26/1). Foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Sampah pascabanjir masih mengotori keindahan Banjarmasin, Selasa (26/1). Salah satunya di sekitar Jalan Veteran.

Dari hasil pantauan bakabar.com, sampah tidak lagi berada di TPS, melainkan sudah meluber hingga ke tengah jalan.

“Situasi itu disebabkan warga tidak bisa membuang sampah ke TPS, karena akses sulit akibat banjir,” jelas Marzuki, Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin.

“Lantas mulai, Senin (25/1), masyarakat berbarengan membuang sampah yang lama disimpan, hingga TPS menjadi over kapasitas,” lanjutnya.

Agar tidak semakin menumpuk, instansi terkait mengerahkan petugas yang masih bisa bekerja untuk lembur.

“Petugas yang masih bisa bekerja, langsung dikerahkan untuk mempercepat pembersihan,” papar Marzuki.

“Kami juga menurunkan enam truk pengangkut. Selama proses berjalan, kami berharap masyarakat bersabar,” sambungnya.

Tidak hanya dari rumah tangga, sampah yang meluber di jalan juga merupakan dampak banjir. Tak ayal sampah membeludak hingga dua kali lipat dari biasanya.

“Sekaligus kami mengimbau agar warga tidak dulu membuang sampah non rumah tangga ke TPS. Lebih baik dikumpulkan, karena nanti kami langsung angkut dengan truk,” beber Marzuki.

Selain jadwal rutin di TPS, petugas juga mengambil sampah di sejumlah dapur umum, terutama di Kecamatan Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan.

“Bagaimanapun pembersihan tetap kami lakukan secara simultan. Tapi mengingat kapasitas kami terbatas, penanganan pun tidak bisa cepat,” tutup Marzuki.



Komentar
Banner
Banner