Pemkab Barito Kuala

Sambangi Pulau Bakut, Delegasi W20 Dari Jepang Dibikin Terkagum-kagum

apahabar.com, MARABAHAN – Kegiatan city tour yang menjadi salah satu rangkaian Women 20 (W20) di TWA…

Featured-Image
Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, mengantar rombongan W20 melintasi titian panjang di TWA Pulau Bakut, Kamis (24/3). Foto: Prokopimda Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Kegiatan city tour yang menjadi salah satu rangkaian Women 20 (W20) di TWA Pulau Bakut, Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala, sukses membekas di hati Hiroki Sasaki.

Hiroki berada dalam rombongan W20 yang mengunjungi TWA di bawah Jembatan Barito tersebut, Kamis (24/3) pagi. Kedatangan mereka disambut dengan senyum Bupati Hj Noormiliyani AS.

Selain sambutan ramah bupati pertama di Kalimantan Selatan itu, rombongan langsung disuguhi tarian Mahelat Lebo, serta pengalungan syal bermotif sasirangan dari Noormiliyani.

Selanjutnya rombongan diajak bersama-sama menyebarang ke TWA Pulau Bakut. Sebagian dari mereka menumpang speedboat yang dinaiki Bupati dan Forkopimda Batola. Sedangkan sebagian lagi menaik kelotok yang telah disediakan.

Begitu tiba di Pulau Bakut, mata mereka pun langsung disuguhi beragam potensi flora dan fauna, terutama bekantan yang merupakan satwa endemik Kalimantan.

Berada di TWA seluas 15,58 hektar itu, rombongan diajak menyusuri selasar sepanjang 630 meter yang melingkari kawasan sanctuary bekantan tersebut.

Situasi inilah yang membuat Hiroji Sasaki terkagum-kagum. Wanita dari Jepang ini berharap kembang biak bekantan harus diperhatikan agar bisa tidak sampai terjadi kepunahan.

“Keberadaan TWA Pulau Bakut ini cukup potensial dan seyogyanya dipelihara dengan baik agar hewan langka seperti bekantan terus bertambah,” papar Hiroki.

W20 merupakan grup keterlibatan G20 yang membentuk jaringan pemberdayaan perempuan. Tujuan utama W20 adalah untuk mempromosikan pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai bagian integral dari proses G20.

Negara anggota G20 antara lain Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Indonesia, Korea Selatan, ditambah Uni Eropa.

Sementara event W20 di Kalimantan Selatan diharapkan dapat menjadi ajang promosi keunggulan sumber daya, baik produk UMKM maupun tempat wisata.

Kunjungan W20 ke Kalsel sendiri dipusatkan di Banjarmasin sejak 23 hingga 25 Maret 2022. Selain TWA Pulau Bakut, mereka juga mengunjungi Pasar Terapung, Cahaya Bumi Selamat, Kiram Park dan berbagai suguhan kesenian daerah.



Komentar
Banner
Banner